GAYA HIDUP

Rabu, 12 April 2017 | 11:30 WIB

Kesenian Tradisional Tarling Terus Dilestarikan

Mia Umi Kartikawati
Kesenian Tradisional Tarling Terus Dilestarikan
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Kesenian tradisional Indonesia sangat kaya. Salah satunya kesenian tradisional tarling.

Untuk tetap lestari, para seniman Cirebon dari berbagai latar belakang kesenian yang berbeda, menghadirkan Simfoni Tarling. Pertunjukkan Simfoni Tarling membawa konsep pertunjukkan musik berskala nasional dengan rasa internasional. Hal itu dibuktinya pada pagelaran Sabtu, 8 April 2017, malam di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, menyuguhkan panggung konser musik orkestra saat ini, dengan lighting gemerlap dan latar belakang multimedia yang menakjubkan.

Pertunjukan ini hadir sebagai bentuk ikhtiar yang hendak mensejajarkan tarling di jalur musik nusantara. Sehingga tarling kini bukan semata milik masyarakat Cirebon, tetapi menjadi kesukaan dan kebanggaan masyarakat nusantara, ungkap Dedi Kampleng, sutradara Simfoni Tarling seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu (12/04/2017).


Masih menurut Dedi, Simfoni Tarling merupakan sebuah seni pertunjukan perpaduan antara orchestra dan original tarling yang berkolaborasi dengan seni tari, seni sastra dan multi media, serta berbagai seni lainya yang menjadi kekayaan nusantara.

Pertunjukan ini berupaya menghadirkan sejarah dan perkembangan tarling dengan suguhan pangung, tata cahaya, tata artistik modern yang berlatar belakang tradisi Cirebon dengan menampilkan maestro tarling dari setiap zamannya, tambahnya.

Pada acara tersebut, sekitar 100 lebih para pemain dan pendukung pagelaran, baik dari seniman asli Cirebon maupun dari luar, Simfoni Tarling digelar MESTI (Majelis Seni & Tradisi) Cirebon dan didukung Pesona Indonesia Kementrian Pariwisata. Pagelaran diiringi oleh Oeblet Tabuhan Nusantara Etnic Orchestra dibawah konduktor Kang Oeblet ini mengambil tema Persembahan Cirebon Untuk Nusantara.
#kesenian #tradisional #tarling
BERITA TERKAIT
Hindari Kehamilan yang Tidak Direncakan
Orang Tua Harus Bijak Pilih Nutrisi untuk Anak
(Berkat Perpustakaan) Perempuan Ini Dapat Obati Penyakit Diabetes
Begini Cara Merencanakan Sebuah Keluarga
Mengenal Lebih Dalam Soal Difteri
Jakarta Menuju Kota Layak Anak
Story Telling Bahasa Stimulus Penting Bagi Anak

ke atas