GAYA HIDUP

Jumat, 14 April 2017 | 14:30 WIB

Jangan Anggap Sepele Jika Tangan Sering Gemetar

Mia Umi Kartikawati
Jangan Anggap Sepele Jika Tangan Sering Gemetar
(Foto: Ilustrasi)


INILAHCOM, Jakarta - Mungkin banyak dari kita tidak menyadari bahwa bagian dari tubuh kerap mengalami gemetar. Keadaan tersebut jangan pernah Anda anggap sepele. Mengapa?

Karena, bisa jadi, seperti kata dr. Frandy Susatia, Sp.S dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (14/04/2017), hal tersebut menjadi sebuah tanda - tanda Anda mengalami tremor. Kemudian, ini menjadi sebuah bagian yang terjadi dari gangguan pada otak bagian tengah.

Jika dibiarkan, masih menurutnya, tremor akan berubah menjadi stadium lanjut. Hal ini akan membuat kondisi tubuh Anda semakin tidak stabil. Tidak hanya itu, aktivitas harian Anda pun menjadi terganggu.


"Saya banyak menemukan pasien yang tremor. Ada yang tremornya di tangan. Ketika sedang saya minta menulis, seperti membuat lingkaran, dia tidak bisa karena tangannya sering gemetar," papar dr. Frandy Susatia, Sp.S.

Masih menurutnya, pada dasarnya tremor bisa diobati meski tidak bisa sembuh total. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati tremor tersebut.

"Misalnya dengan terapi seperti olahraga, menjalankan pola hidup sehat, suntik botox, dan menjalanii operasi Deep Brain Stimulation atau DBS," tambah Frandy. (tka)
#tangan #gemetar #kesehatan #tremor #jangan #anggap #sep
BERITA TERKAIT
Intip Gaya Hidup Sehat Ferry Salim
Bebas Alkohol, Parfum Ulama Ini Klaim Bawa Berkah
PPLIPI Tingkatkan Solidaritas Antar Perempuan
Kacang Hijau dan Daun Adas Picu Produksi ASI
Museum Blanco Raih Penghargaan ISTA 2017 Kemenpar
Metode Pengobatan Kanker Ini Beri Harapan Baru
(Cheriatna, Pendiri PT Cheria Halal Holiday) Bisnis Wisata Halal Tak Pernah Sepi

ke atas