OLAHRAGA

Sabtu, 15 April 2017 | 20:37 WIB
(Formula 2)

Sean Gelael Finish di Urutan 17 di Balapan Perdana

Arif Budiwinarto
Sean Gelael Finish di Urutan 17 di Balapan Perdana
Sean Gelael (Foto: istimewa)


INILAHCOM, Sakhir - Sean Gelael finish di urutan 17 di balapan perdana fF2 musim 2017 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Sabtu (15/4). Rekan setim Sean, Norman Nato, membuat catatan impresif dengan finish di posisi kedua.

Sean harus berupaya keras di balapan perdana karena memulai race daro pitlane. ia sempat menyodok ke urutan 12 tak lama usai pergantian ban. Sayang, Sean kurang beruntung karena melanggar batas kecepatan di saat masuk pitstop akibat tidak berfungsinya pit limiter.

Sean pun mesti menjalani hukuman masuk pit yang menyebabkan posisinya kembali turun ke urutan 17.

Ujian Sean belum selesai karena dia juga mendapat hukuman tambahan penalti lima detik akibat melanggar batas kecepatan saat menjalani sanksi masuk pit.

Situasi berbeda dialami Nato. Ia sempat memimpin balapan sampai dua putaran terakhir menjelang finis. Namun, pebalap asal Perancis ini tidak mampu mempertahankan posisinya karena kondisi bannya mulai mengalami degradasi sehingga dia tidak bisa memaksimalkan kecepatan mobil.

Sebaliknya, Markelov yang masuk pit stop beberapa laps setelah Nato, kondisi ban mobinya masih sangat baik. Pebalap asal Rusia itu pun menyodok dari posisi ketiga melewati pebalap Prema Racing Charles Leclerc dan Nato.

Dengan finis kedua, Nato mendapatkan 18 poin. Sesuai regulasi F2, urutan start balapan kedua atau sprint race akan dirotasi untuk pebalap urutan delapan besar. Pada balapan hari Minggu, Markelov start dari posisi delapan, sedangkan Nato akan start dari posisi ketujuh.


Ya, sangat disayangkan saya harus kehilangan posisi pertama di penghujung balapan. Akan tetapi, podium kedua sudah cukup bagus, kata Nato yang membuat catatan waktu tercepat satu menit 46,171 detik.

Secara umum penampilan dua pebalap Pertamina Arden cukup impresif. Performa mobil juga cukup kompetitif untuk menyaingi pebalap lain. Sean juga membuat catatan waktu yang cukup bagus, dengan torehan waktu tercepatnya satu menit 46,989 detik. Namun, karena adanya penalty, Sean akhirnya harus puas finis di urutan ke-17 dari total 20 pebalap.

Balapan di sirkuit Sakhir berlangsung dalam cuaca yang cerah dan sengatan matahari yang cukup terik. Sirkuit ini dikenal sebagai tempat ujian terberat bagi pebalap dalam hal mengelola kondsi ban.

Selain karena layoutnya yang memiliki banyak tikungan dan kombinasi trek lurus, temperature lintasan aspalnya juga cukup tinggi. Balapan pertama ini relative berlangsung mulus karena tidak ada satu pebalap pun yang terlibat insiden.

Balapan kedua atau sprint race akan digelar pada minggu pukul 14.15 waktu setempat atau pukul 18.15 WIB. Untuk balapan sprint race, pebalap akan melahap jumlah putaran sebanyak 23 laps tanpa pit stop. Jalannya lomba diperkirakan hanya berlangsung 45 menit.

Menurut engineer tim Pertamina Arden, Gaetan Jego, balapan sprint menjadi tantangan tersulit para pebalap karena harus menjaga degradasi ban selama 23 putaran penuh.

"Itu menjadi kunci untuk meraih sukses di Bahrain. Sean dan Nato tidak boleh terlalu agresif di awal agar ban mampu bekerja dengan optimal hingga akhir, " ujarnya.
#f2 #sean gelael
BERITA TERKAIT
(Denmark Terbuka Super Series Premier 2017) Ahsan/Rian Juga Tersingkir di Babak Pertama
(Denmark Terbuka Super Series Premier 2017) Jonatan Christie Unggul dari Segi Fisik
(Denmark Terbuka Super Series Premier 2017) Anggia/Ketut dan Berry/Hardianto Tersingkir
(Denmark Terbuka Super Series Premier 2017) Jonatan Christie Lewati Rintangan Pertama
(Denmark Terbuka Super Series Premier 2017) Dua Tunggal Putra Diharapkan Lolos ke 8 Besar
(Denmark Open Super Series Premier 2017) Owi/Butet Jumpa Pasangan Denmark di Babak II
Sandhy Antusias Hadapi ABL

ke atas