TEKNOLOGI

Kamis, 20 April 2017 | 13:13 WIB

Pekerja Main Voli di Lokasi Uji Coba Nuklir Korut

Binar MP
Pekerja Main Voli di Lokasi Uji Coba Nuklir Korut
(Foto: yahoo)


INILAHCOM, Washington - Ada aktivitas tak biasa di lokasi uji coba nuklir Korea Utara. Para pengamat Korea Utara pada Selasa (18/4/2017) mengatakan mereka mengamati bahwa di tempat itu para pekerja tampak bermain voli.

Kelompok pemantau 38 North mengatakan citra satelit yang ditangkap pada Minggu menunjukkan personel di barak penjaga dan dua daerah lainnya di lokasi uji coba Punggye-ri sedang memainkan permainan populer tersebut.

"Itu menunjukkan bahwa fasilitas tersebut mungkin sedang dalam modus siaga," kata Joseph Bermudez, seorang ahli Korea Utara dan analis 38 North yang berbasis di Washington.


"Itu juga menunjukkan Korea Utara sengaja main bola voli karena mereka tahu kami akan mengamati dan melaporkan tentang kegiatan tersebut. Entah mereka sedang mengirimkan 'pesan' kepada kami bahwa mereka menyiagakan fasilitas itu atau mereka berusaha mengelabui kami."

38 North mengatakan pada pekan lalu Punggye-ri 'prima dan siap' untuk melakukan uji coba nuklir keenamnya, kemungkinan bertepatan dengan perayaan pada Sabtu lalu yang memperingati ulang tahun pendiri rezim Kim Il-Sung.

Uji coba tersebut belum berlangsung, meskipun pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berusaha meluncurkan rudal pada Minggu yang menurut Pentagon meledak sesaat setelah peluncuran.

Punggye-ri adalah kompleks yang terdiri dari terowongan dan infrastruktur pengujian di pegunungan di wilayah timur laut Korea Utara.
#koreautara #nuklir #voli
BERITA TERKAIT
Pakar Peringatkan Kemampuan Perang Siber Korut
Volvo Akan Berhenti Produksi Mesin Diesel
Besok, Huawei Mate 10 Bisa Dipesan di Malaysia
Xiaomi Target Kirim 90 Juta Smartphone Tahun Ini
Waspada, Data Bisa Dicuri Lewat Jaringan WiFi
Upgrade Spek Notebook Acer Tidak Hilangkan Garansi
Microsoft Luncurkan Laptop Surface Book 2

ke atas