DUNIA

Kamis, 20 April 2017 | 06:41 WIB

Korut Ancam Bakal Uji Coba Nuklir Tiap Pekan

Binar MP
Korut Ancam Bakal Uji Coba Nuklir Tiap Pekan
(Foto: Wong Maye-E/AP )


INILAHCOM, Tokyo - Korea Utara mengancam bakal melakukan uji coba rudal setiap pekan yang diumumkan pada Selasa (18/4/2017).

Pengumunan itu dikelurkan bersamaan saat Wakil Presiden Amerika Serikat tiba di Jepang dengan komitmen baru di bidang keamanan untuk meredakan kekhawatiran mengenai program senjata nuklir Pyongyang.

Saat ini, Korea Utara berusaha mengembangkan rudal balistik nuklir yang mampu menghantam daratan AS. Pyongyang mengabaikan tekanan masyarakat internasional dengan menguji coba rudal yang gagal, Minggu.


Di tengah kekhawatiran Pyongyang sedang mempersiapkan uji coba senjata nuklir untuk kali keenam, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Han Song-Ryol mengatakan program tersebut akan ditingkatkan.

"Kami akan meningkatkan uji coba rudal setiap pekan, setiap bulan dan setiap tahun," ujar Han dalam wawancara dengan BBC, seraya mengancam akan mengobarkan perang terbuka jika Washington menyerang Korea Utara.

Pada kunjunganya ke Korea Selatan, sebagai lokasi kunjungan pertama di Asia, Pence menyambangi zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, Senin (17/4/2017).

Pada kesempatan itu, Pence memperingatkan agar Pyongyang berhenti memprovokasi dengan menyatakan 'semua opsi terbuka'.
#koreautara #nuklir
BERITA TERKAIT
HUT Militer, Korut Puji Latihan Tempur Besarnya
Air China Kembali Layani Penerbangan ke Korut
Korut Tahan Seorang Warga Amerika Serikat
Film Korut Gambarkan AS Hancur Lebur Ditimpa Rudal
Bila Diserang, Korut Bakal Culik Warga Asing
Wapres AS Ancam Bombardir Korut jika Terus Berulah
Serangan AS ke Suriah Bulatkan Tekad Nuklir Korut

ke atas