GAYA HIDUP

Kamis, 20 April 2017 | 14:30 WIB

Terbukti Efektif, Cegah Malaria Gunakan Kelambu

Mia Umi Kartikawati
Terbukti Efektif, Cegah Malaria Gunakan Kelambu
(Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Malaria menjadi salah satu penyakit endemis yang masih menjadi prioritas pemerintah Republik Indonesia (RI), khususnya di wilayah Timur.

Untuk mencegahnya, masyarakat lebih maksimal dalam menggunakan kelambu saat tidur.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, M. Subuh menjelaskan, salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjangkitnya Malaria adalah dengan kelambu. Dia menambahkan, langkah tersebut sangat efektif untuk mencegah gigitan nyamuk, Anopheles sp.


"Sekitar 80 persen efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. Pada umumnya, nyamuk tersebut menggigit pada jam 6 sore hingga jam 6 pagi," kata M. Subuh saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru - baru ini.

Lebih lanjut dia menambahkan, hal itu bisa dilakukan saat di dalam rumah. Ketika saat diluar rumah, masyarakat dapat menggunakan lotion anti nyamuk serta mengenakan baju yang panjang hingga menyulitkan nyamuk ketika menggigit kulit.

"Kami menghimbau untuk masyarakat yang berada di daerah endemis menengah dan tinggi agar melakukan hal tersebut," tambahnya.(tka)
#kelambu #malaria #epidemis #penyakit #Indonesia #Timur
BERITA TERKAIT
(Menduniakan Indonesia) Menteri Pariwisata Raih Penghargaan
Hipertensi Jadi Faktor Risiko Penyakit Jantung
Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi
ORBIT Jadi Wadah Seleksi Desainer Indonesia
Menkes Prihatin Angka Perokok di Indonesia Tinggi
Indonesia Bisa Unggulkan Jamu
"Four Ever Sale (Not)", Bagi-bagi Diskon Fantastis

ke atas