DUNIA

Kamis, 20 April 2017 | 13:51 WIB

Suriah Geser Pesawat Tempur Dekati Pangkalan Rusia

Didi Prambadi
Suriah Geser Pesawat Tempur Dekati Pangkalan Rusia
(Foto: sputniknews)


INILAHCOM, Damaskus - Pemerintah Suriah memindahkan sejumlah besar pesawat tempurnya ke Bandar Udara Internasional Bassel Al-Assad.

CNN mengabarkan Rabu (19/4/2017) pemindahan pesawat perang itu dilakukan setelah AS melakukan serangan rudal Tomahawk ke basis militer Sharat, dan menghancurkan 24 pesawat tempur Suriah. Pemerintah Damaskus memindahkan ke tempat baru yang letaknya berdekatan dengan basis militer Rusia Khmeimin, di Latakia Governorate, Suriah.


Di basis militer inilah, Rusia menempatkan pasukan angkatan udaranya, untuk membantu Presiden Bashar al-Assad. Basis militer Khmeimin bersama dengan pangkalan Tartus, merupakan salah satu dari dua instalasi militer Rusia di Suriah. Pasukan Rusia dikabarkan memasang sistem persenjataan anti-pesawat udara di Tartus dan Khmeimin.

Pejabat militer AS mengungkapkan, serangan udara yang dilakukan AS melumpuhkan 20% dari satuan pesawat tempur Suriah. Hal tersebut menyebabkan Suriah sangat tergantung pada pesawat-pesawat tempur yang masih tersisa. Angkatan udara Suriah dalam kondisi yang buruk, setelah melakukan peperangan selama bertahun-tahun, dan menghadapi masalah pemeliharaan, ujar Menteri Pertahanan AS James Mattis.

Sejauh ini, AS belum berniat melakukan serangan udara lagi, apabila Suriah menggunakan gas kimianya lagi. Suriah harus berpikir lebih jauh dan dua kali lipat sebelum melakukan aksi yang melanggar hukum internasional, ujar Menhan James Mattis. Jika mereka menggunakan senjata kimia, mereka harus membayar ganjaran yang sangat mahal, lanjutnya.
#suriah #rusia
BERITA TERKAIT
Ukraina Hentikan Aliran Listrik ke Luhansk
Denmark Kecam Rusia karena Dugaan Peretasan
AS Jatuhkan Sanksi Ekonomi Ratusan Warga Suriah
AS Blacklist 271 Ahli Kimia & Pejabat Suriah
Rusia Berniat Bangun Kapal Induk Modern Saingi AS
Wapres AS Ancam Bombardir Korut jika Terus Berulah
75 Orang Tewas di Suriah Akibat Ledakan Bom Mobil

ke atas