MOZAIK

Jumat, 21 April 2017 | 14:00 WIB

Abu Ayyub al-Anshari, Rumah yang Menaungi Nabi

Abu Ayyub al-Anshari, Rumah yang Menaungi Nabi
(Foto: Ilustrasi)


ABU Ayyub al-Anshari radhiallahu anhu adalah sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam dari kalangan Anshar. Namanya adalah Khalid bin Zaid bin Kulaib bin Malik bin an-Najjar. Ia dikenal dengan nama dan kun-yahnya. Ibunya adalah Hindun binti Said bin Amr dari Bani al-Harits bin al-Khazraj. Ia adalah generasi awal memeluk Islam dari kalangan sahabat.

Abu Ayyub meriwayatkan hadis langsung dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan Ubay bin Kaab al-Anshari radhiallahu anhu. Sementara sahabat-sahabat yang meriwayatkan hadis darinya adalah al-Barra bin Azib, Zaid bin Khalid, al-Miqdam bin Madi Karib, Abdullah bin Abbas, Jabir bin Samrah, Anas bin Malik, dll. Dan banyak tabiin meriwayatkan hadits darinya.




Di antara yang menunjukkan Abu Ayyub adalah orang yang pertama-tama memeluk Islam adalah ia turut serta dalam Baiat Aqabah. Dengan demikian, ia memeluk Islam sebelum Nabi hijrah ke Madinah. Ia juga turut serta dalam Perang Badar dan perang-perang setelahnya. Ketika Nabi shallallahu alaihi wa sallam tiba di Madinah, beliau tinggal di rumahnya hingga membangun rumah sendiri dan menyelesaikan pembangunan masjid.

[baca lanjutan: Air Mata Rasul atas Jamuan Abu Ayyub al-Anshari]
#kisahislam #kisahsahabat #rasul #hadis #alquran #peran
BERITA TERKAIT
Astagfirullah, Baca Alquran tapi Terjerumus Syirik
Perempuan Muslim tapi tak Berjilbab
Khalifah Utsman, Sang Pemilik Dua Cahaya Nabi SAW
Perbedaan "Cinta" Orang Indonesia dan Orang Arab
Hari-hari dan Malam-malam Istimewa dalam Islam
Bolehkah Syawalan sebelum Mengqadha Puasa Wajib?
Aturan Puasa Syawal dan Ganjarannya

ke atas