MOZAIK

Jumat, 21 April 2017 | 16:00 WIB

Perang Terakhir Abu Ayyub al-Anshari di Usia 80

Perang Terakhir Abu Ayyub al-Anshari di Usia 80
(Foto: Ilustrasi)


ABU Ayyub al-Anshari adalah seorang mujahid di jalan Allah. Dikatakan, tidak ada satu perang pun di zaman Rasulullah yang tidak ia ikuti. Setelah Rasulullah wafat, ia tetaplah seorang mujahid. Perang terakhir yang ia ikuti adalah di zaman Kekhalifahan Muawiyah bin Abi Sufyan. Yaitu saat Muawiyah menyiapkan pasukan di bawah pimpinan anaknya, Yazid, untuk menyerang Konstantinopel. Saat itu umur Abu Ayyub mencapai 80 tahun. Perang tersebut menjadi perang terakhirnya. Dan ia dimakamkan di sana.

Di antara hadits-hadits yang diriwayatkan Abu Ayyub al-Anshari dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah: Diriwayatkan oleh az-Zuhri, dari Atha bin Yazid al-Laitsi, dari Abu Ayyub al-Anshari, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



Jika kalian hendak buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat, jangan pula membelakanginya akan tetapi hadaplah timur dan barat.


Dari al-Barra bin Azib, dari Abu Ayyub al-Anshari radhiallahu anhuma, ia berkata, (Satu saat), Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam pernah keluar setelah tenggelam matahari; beliau mendengar suara,lalu bersabda, (Mereka itu adalah orang-orang) Yahudi yang disiksa di dalam kubur mereka

Dari Ibnu Syihab, dari Atha bin Yazid al-Laitsi, dari Abu Ayyub al-Anshari, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidak halal bagi seorang muslim memboikot saudaranya lebih dari tiga hari. Jika bertemu, keduanya saling cuek. Yang terbaik di antara keduanya adalah yang memulai mengucapkan salam.

[baca lanjutan: Abu Ayyub al-Anshari Dimakamkan di Tembok Romawi]
#kisahislam #kisahsahabat #rasul #hadis #alquran #peran
BERITA TERKAIT
Sudah Potong Kuku? Ini Batas Maksimal dalam Islam
Awas! Ini Cara Duduk Orang yang Dimurkai
Untuk Kamu yang Salatnya Masih Bolong-Bolong
Terlupa Salat? Ini Tata Cara Menggantinya (Qada)
Bolehkah Qada Salat Fajar Setelah Subuh?
Rasul: Amal Saleh Tak Memasukkanmu ke dalam Surga
Apa Makna dari Jihad?

ke atas