TEKNOLOGI

Kamis, 20 April 2017 | 20:20 WIB

MediaTek Hentikan Produksi Chipset 28nm TSMC

Ibnu Naufal
MediaTek Hentikan Produksi Chipset 28nm TSMC
(Foto: gizmochina)


INILAHCOM, Beijing - Produsen chipset asal Taiwan, MediaTek, baru-baru ini dilaporkan telah menarik order chip 28nm pada TSMC. Chip yang dihentikan proses produksinya adalah Helio P10 dan Helio P15.

Gizmochina melansir, Penghentian produksi chip 28nm ini diperkirakan akan mengurangi sekitar 20.000 wafer atau 30% dari total wafer yang di proses tiap kuartalnya.



Langkah yang diambil MediaTek untuk menghentikan produksi ini dikarenakan MediaTek ingin meningkatkan produksi chip dengan arsitektur proses 16nm, mengingat chip 16nm memiliki tigkat efisiensi yang lebih baik dibandingkan chip 28nm dan chip 16nm ini diharapkan dapat bersaing dengan chip 14nm dari Qualcomm seperti Snapdragon 626 dan Snapdragon 660.


Namun beberapa pihak mengatakan bahwa langkah MediaTek menghentikan produksi ini dikarenakan MediaTek saat ini sedang menghemat pengeluarannya untuk bisnisnya di kuartal ketiga tahun 2017 mendatang.

Selain itu sepertinya langkah MediaTek ini merupakan hasil eveluasi kinerja mereka pada persaingan ketat antar produsen chip mobile lain seperti Qualcomm, Samsung dan Huawei.

Banyak pihak juga yang berharap dengan diberhentikannya produksi chip 28nm ini, nantinya MediaTek akan menghadirkan produk chip 16nm yang bisa bersaing dengan chip buatan competitor lain dan MediaTek mampu meningkatkan keuntungannya dari penjualan chip 16nm buatan mereka.
#Mediatek #Chipset #TSMC
BERITA TERKAIT
Qualcomm Siapkan Chipset Murah Snapdragon 450
Google Rekrut Desainer Chipset Apple
Qualcomm Perkenalkan Chipset Untuk Speaker Pintar
Induk Gajah Selamatkan Anaknya dari Tenggelam
Penampakan Langka Bayi Burung Hantu Berenang
Inggris-Thailand Bongkar Pencurian Mobil Sport
Telkomsel Berangkatkan 8.000 Pemudik

ke atas