DUNIA

Kamis, 20 April 2017 | 18:50 WIB

Media Asing: Ahok Kalah & Bangkitnya Islam Radikal

Binar MP
Media Asing: Ahok Kalah & Bangkitnya Islam Radikal
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)


INILAHCOM, Jakarta - Kemenangan Anies Baswedan melawan Gubernur Petahana Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dalam pemilihan gubernur DKI jakarta mendapat perhatian sejumlah media asing.

Sejumlah media asing mengartikan kemanangan Anies dan kekalahan Ahok mengenai bagaiaman masayarakat di Indonesia di perkotaan khusunya Jakarta dalam menyikapi persoalan agama dan ras.



Kemenangan Anies oleh sejumlah media barat dinilai sebagai kemenagan kelompok Islam yang aka lain merupakan kelompok mayoritas negeri ini.


"Hard-Line Strain of Islam Gains Ground in Indonesia, Worlds Largest Muslim Country", begitu judul yang dibuat Wall Street Journal. Artikel itu mengisyaratkan hasil pilgub ini sebagai kebangkitan kelompok islam gari keras di Indonesia.

Senada dengan itu, SBS Australia, memuat artikel dengan judul "Jakarta election: Radical Islam tested 'if Ahok wins'". Menurut media itu, kebaragaman di Indonesia bakal terus terjaga jika sang petahan tetap melaju di kursi gubernur.

Sementara itu, Majalah Times, kantor berita Associated Presse (AP) dan ABC News Australia juga mengartikulasikan kekalahan Ahok dan kemenangan Anies dengan nada yang hampir sama.

Polarisasi masa kampanye telah merusak reputasi Indonesia yang menganut bentuk Islam moderat, demikian tulis AP.
#ahok #anies baswedan #pilgub dki
BERITA TERKAIT
Beruang Ditembak Mati Setelah Serang Turis
Iran Ancam Bangkitkan Lagi Program Nuklirnya
Penduduk Guam Dapat Peringatan Darurat Keliru
Mantan Pemimpin Al-Shabab Keluar dari Kelompok Itu
Belum 3 Bulan Menjabat, PM Aljazair Dipecat
Longsor di Sierra Leone, 400 Jenazah Ditemukan
Setelah 27 Tahun, Saudi dan Irak Buka Perbatasan

ke atas