EKONOMI

Jumat, 21 April 2017 | 07:09 WIB

BCA Dukung DP Rumah 0 Rupiah, Asalkan....

uji sukma medianti
BCA Dukung DP Rumah 0 Rupiah, Asalkan....
Presiden Direktur PT Bank Central Asia (Persero/BCA) Jahja Setiaatmadja (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Terkait program uang muka atau down payment (DP) nol rupiah yang digagas pasangan kepala daerah baru DKI Jakarta, Anis Baswedan-Sandiaga Uno, perbankan ini siap merealisasikannya.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia (Persero/BCA) Jahja Setiaatmadja bilang, gagasan tersebut cukup baik. Pihaknya siap berkontribusi untuk merealisasikannya.

Hanya saja, lanjut Jahja, realisasi DP 0% atau 0 rupiah, perlu ada payung hukumnya. Harus sesuai dengan ketentuan dari otoritas perbankan yakni Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kita bisa masuk kalau memang sesuai aturan perbankan. (Kalau) Memang aturan perbankan memungkinkan, ya kenapa tidak," papar Jahja di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (20/4/2017).


Jahja menilai, yang namanya kredit selalu memiliki risiko. Untuk saat ini, berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI), belum memungkinkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) berskema DP 0 rupiah. "Nah, mungkin kenapa bisa dibilang 0 persen karena ada semacam jaminan dari pihak pemerintah daerah, atau hal-hal lain," papar Jahja.

"Kan kita belum tahu teknisnya seperti apa. Sebaiknya kita tunggu yang konkrit. Seperti apa, kita jajaki. Lalu, ketentuannya (aturan perbankan) seperti apa. Yang jelas, kita pasti bantu, support," papar Jahja. [ipe]

#pilgubdki #dp0 #perbankan #bca
BERITA TERKAIT
ISEI: Kapasitas BPD Pas-pasan Perlu Dikerek
Pertumbuhan Kredit Masih Seret, Ini kata OJK
(3 Tahun Jokowi-JK) Pemerintah jangan Boros
(3 Tahun Jokowi-JK) Mendag Enggar Klaim Bisa Jaga Kestabilan Pangan
(3 Tahun Jokowi-JK) Program Atasi Kemiskinan Rp100 T Tak Maksimal
(Per 1 November 2017) Awas, Angkutan Online Tetap Illegal !
Pemerintah Tarik Utang Rp22,5 T dari SUN

ke atas