EKONOMI

Jumat, 21 April 2017 | 07:09 WIB

BCA Dukung DP Rumah 0 Rupiah, Asalkan....

uji sukma medianti
BCA Dukung DP Rumah 0 Rupiah, Asalkan....
Presiden Direktur PT Bank Central Asia (Persero/BCA) Jahja Setiaatmadja (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Terkait program uang muka atau down payment (DP) nol rupiah yang digagas pasangan kepala daerah baru DKI Jakarta, Anis Baswedan-Sandiaga Uno, perbankan ini siap merealisasikannya.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia (Persero/BCA) Jahja Setiaatmadja bilang, gagasan tersebut cukup baik. Pihaknya siap berkontribusi untuk merealisasikannya.



Hanya saja, lanjut Jahja, realisasi DP 0% atau 0 rupiah, perlu ada payung hukumnya. Harus sesuai dengan ketentuan dari otoritas perbankan yakni Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kita bisa masuk kalau memang sesuai aturan perbankan. (Kalau) Memang aturan perbankan memungkinkan, ya kenapa tidak," papar Jahja di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (20/4/2017).


Jahja menilai, yang namanya kredit selalu memiliki risiko. Untuk saat ini, berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI), belum memungkinkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) berskema DP 0 rupiah. "Nah, mungkin kenapa bisa dibilang 0 persen karena ada semacam jaminan dari pihak pemerintah daerah, atau hal-hal lain," papar Jahja.

"Kan kita belum tahu teknisnya seperti apa. Sebaiknya kita tunggu yang konkrit. Seperti apa, kita jajaki. Lalu, ketentuannya (aturan perbankan) seperti apa. Yang jelas, kita pasti bantu, support," papar Jahja. [ipe]

#pilgubdki #dp0 #perbankan #bca
BERITA TERKAIT
Orang Lebih Memilih Nabung Ketimbang Belanja
Sinyal BI Turunkan Suku Bunga Masuk Daftar Tunggu
Menkop Resmikan Aplikasi Ekonomi Pancasila
KLHK Juara Sistem Kearsipan dan Data Base Spasial
Jokowi Bawa APBN Jadi Ambisius
HUT RI ke-72, Tim Terpadu Tetap Padamkan Karhutla
KLHK Gagas Operasi Sapu Jagad Bersihkan Gunung

ke atas