EKONOMI

Jumat, 21 April 2017 | 15:38 WIB

Makna Hari Kartini Bagi Menteri Susi

m fadil djailani
Makna Hari Kartini Bagi Menteri Susi
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Tiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, hari istimewa bagi kaum wanita di Indonesia. Dan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sangat tersinspirasi dengan sosok RA Kartini.

Di mata Susi, RA Kartini adalah penjuang kesetaraan gender yang berani mendobrak budaya. Melalui buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang yang berisikan kumpulan surat RA Kartini, banyak hal yang bisa dipetik. "Kalau baca surat-suratnya itu (Kartini), terlihat bagaimana kecerdasannya. Apa yang dia bicarakan, pemikiran yang jauh sangat perspektif dan variatif. Tapi dia juga tidak menghilangkan budaya dan kearifan lokal yang ada," kata Susi dalam rilis di Jakarta, Jumat (21/04/2017).


Apa yang paling dikagumi Susi dari sosok RA Kartini? Kartini, menurutnya, adalah pejuang kesetaraan gender. Di mana, perjuangan RA Kartini tidak boleh berhenti. Harus tetap dilanjutkan di era globalisasi saat ini. "Saya tidak pernah membedakan diri saya dengan pria. Dengan merasa setara maka saya yakin bisa melakukan apa yang pria lakukan," kata Susi.

Susi berpesan, masyarakat khususnya wanita Indonesia, tidak perlu lagi mempermasalahkan soal gender. Bahwa wanita Indonesia haruslah diberi peluang agar bisa meraih impiannya. "Stop mempermasalahkan gender. Kerja, bergerak, berkarier, berprestasi tanpa berpikir. Oh saya perempuan, oh saya tidak boleh ini. Oh, saya tidak boleh itu.., oh saya harus diistimewakan. Jangan berpikir gender itu persoalan," kata Susi. [ipe]
#menterisusi #radar #ilegallfishing #kartini
BERITA TERKAIT
Menteri Susi Ingin Nelayan Indonesia Taat Aturan
Menteri Susi Geram Laut RI Banyak di Kavling
Impor Garam Disetujui, Menteri Susi Baru Menyesal
KKP Siap Bagikan 994 Kapal Ikan untuk 130 Kab/Kota
Garam Langka Bikin Mahal Ikan Asin di Tarakan
Garam Jadi Bumbu Dapur Termahal di Mesuji
Arti Penting Laut Natuna Bagi Menteri Susi

ke atas