NASIONAL

Jumat, 21 April 2017 | 15:40 WIB

Anies Siap-siap Bakal Ditagih Janji Kampanye

Ray Muhammad
Anies Siap-siap Bakal Ditagih Janji Kampanye
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) berjabat tangan dengan Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) usai melakukan pertemuan di Balaikota DKI Jakarta. (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
INILAHCOM, Jakarta - Intimidasi sosial yang terjadi saat kampanye hingga menjelang hari pencoblosan dinilai menjadi faktor kemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam hitung cepat perolehan suara Pilgub DKI 2017.

"Ketika masyarakat mulai merasa aman, mereka akan siap-siap mulai menagih janji-janjinya bisa terealisasi atau tidak," peneliti dari Populi Center Nona Evita kepada INILAHCOM, Jakarta, Jumat (20/4/2017).

Faktor kinerja merupakan alasan warga DKI yang memilih pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.


"Ahok dipilih memang karena visi dan misi. Kalau Anies-Sandi karena kesamaan agama. Nah, makanya itu menjadi pertanyaan kenapa Ahok yang kinerjanya dirasakan puas oleh masyarakat tapi yang dipilih Anies? Ini karena adanya intimidasi sosial, masyarakat inginnya rasa aman," kata Evita.

Setelah kembali terciptanya rasa aman di tengah masyarakat setelah Anies terpilih sebagai gubernur, lanjutnya, realisasi program yang disuarakan saat kampanye merupakan hal yang dinantikan untuk ditagih para pemilihnya.

"Jadi, masyarakat sudah nggak memikirkan jangka panjang lima tahun ke depan seperti apa, tapi rasa aman sekarang dulu bagaimana," tandasnya. [rok]
#PilkadaDKI2017
BERITA TERKAIT
Peluang Novanto Menang di Praperadilan Kecil
Masih jadi Ketua Umum, Indra: Biar Novanto Lega
Golkar: Praperadilan Kado untuk Novanto
Peluang Novanto di Praperadilan Sama
Kata Polisi Soal Warga yang Mengungsi di Timika
Polisi Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Poniran
DPD Golkar Minta DPP Duduk Bersama Bahas Munaslub

ke atas