PASAR MODAL

Jumat, 21 April 2017 | 15:40 WIB

Telkomsel Dorong Transformasi ke Digital Telco

Telkomsel Dorong Transformasi ke Digital Telco
Direktur Human Capital Management Telkomsel Priyantono Rudito (kanan) dan didampingi oleh Vice President People Development Telkomsel Mardi FN Sinaga, seusai acara peluncuran buku Digital Mastery di Jakarta (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Palembang-Telkomsel saat ini tengah mengakselerasi tranformasi perusahaan digital melalui program sumber daya manusia yang bertajuk "digital mastery".

Era digital harus dihadapi dengan cermat oleh seluruh industri di dunia dan tidak ada jalan untuk menghindar ataupun celah lain, kata Direktur Human Capital Management Telkomsel, Priyantono Rudito dalam release diterima Antara di Palembang, Jumat (24/3/2017).



Menurut dia, dampak dari era digital ini, beragam layanan dapat mendisrupsi bisnis dan industri secara global.

Setiap industri harus jeli untuk berselancar mengendalikan gelombang digital sekaligus menginisiasi inovasi bisnis menjadi sumber daya yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup perusahaan, katanya.

Ia mengatakan, transformasi digital bukanlah melulu masalah teknologi namun sebuah transformasi organisasi menyeluruh yang mencakup perubahan aspek-aspek krusial lain seperti strategi, proses, sumber daya manusia dan budaya hingga kepemimpinan.

Transformasi digital tak hanya masalah mengadopsi machine learning, memanfaatkan big data, atau menciptakan aplikasi digital semata.

Dalam bukunya, Priyantono menjabarkan bahwa transformasi digital menuntut perusahaan mengembangkan dua kemampuan, yaitu kemampuan digital (digital capability) dan kemampuan kepemimpinan (leadership capability).


Setiap perusahaan memiliki peluang untuk bisa lolos dari ancaman disrupsi digital dengan menempati posisi sebagai "digital mastery", maka perusahaan akan terhindar dari bahaya disrupsi dan bahkan menciptakan model bisnis baru yang mampu mendisrupsi industri.

Menjadi agenda besar bagi setiap perusahaan untuk menggulirkan transformasi digital dengan tujuan akhir menjadi digital master.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa pendekatan khas Indonesia untuk mengembangkan digital mastery dengan cepat adalah dengan pendekatan trilogy, yaitu experiential dan leveraging, unlock potensi sumber daya manusia ke titik tertinggi dan pengembangan diri melalui professional coaching.

Pendekatan trilogy ini disusun berdasarkan hasil riset mendalam menghasilkan temuan berupa hal-hal yang menjadi akselerator atau drivers pengembangan "digital mastery" bagi talent-talent di Telkomsel.

Selanjutnya pendekatan ini diimplementasi dalam suatu lingkungan bekerja seperti layaknya bekerja di silicon valley melalui program-program "digital mastery" di Telkomsel yang disusun secara disruptive.

Dalam bertranformasi menjadi digital telecommunication company, Telkomsel terus menjadi yang terdepan dalam melakukan pengembangan teknologi seluler terkini di Indonesia dan berkomitmen untuk membangun ekosistem digital tanah air.

Setelah menjadi yang pertama secara komersial meluncurkan mobile 4G LTE di Indonesia pada akhir 2014, baru-baru ini Telkomsel juga telah melakukan uji coba 1Gbps yang merupakan roadmap penerapan 5G di masa mendatang.

Telkomsel berupaya untuk mengedepankan inovasi dari sisi produk dan layanan, jaringan, serta teknologi untuk menghadirkan pengalaman mobile digital lifestyle yang semakin berkualitas bagi pelanggan, katanya. [tar]
#pt telekomunikasi indonesia tbk #tlkm #telkomsel
BERITA TERKAIT
Telkom Gadang-gadang Anak Usaha Masuk Pasar Modal
Inilah Sentimen Picu Realisasi Untung Saham
BEI Hentikan Sementara Perdagangan Saham MKNT
Bursa Saham Hong Kong Rontok 1,26%
Yuan Tiongkok Lesu Jadi 6,6744 per Dolar AS
Bursa Saham Tiongkok Dibuka Melandai
Dolar AS Berpindah Tangan di Paruh Bawah 109 Yen

ke atas