NASIONAL

Jumat, 21 April 2017 | 17:15 WIB

Ini Tantangan Terberat Anies-Sandi Pimpin Jakarta

Ray Muhammad
Ini Tantangan Terberat Anies-Sandi Pimpin Jakarta
(Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Peneliti dari Populi Center, Nona Evita menilai kerjasama antara pemprov DKI Jakarta dengan pusat merupakan tantangan terberat bagi pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno setelah nantinya secara resmi terpilih memimpin Ibukota.

"Kalau kita lihat itu justru tantangan bagi guberrnur terpilih bagaimana bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat, bisa enggak meredam dan menyatukan lagi Jakarta yang ada intimidasi sosial di tengahnya?" ujar Evita kepada INILAHCOM, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Di awal masa jabatannya, Anies-Sandi diharapkan mampu menghilangkan keresahan di tengah warga DKI yang kian memanas sejak dimulainya masa kampanye hingga menjelang pencoblosan Pilkada DKI.


Memanasnya situasi itu, lanjut Evita, dilihat dari gerakan aksi massa yang belakangan terjadi tak lagi menyasar petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melainkan sudah mengarah ke para pemilihnya.

"Sekarang kita lihat putaran pertama, Pilkada itu aksi besar-besaran tuntutannya ke Ahok seorang. Ketika putaran kedua, aksi ini menyasar ke pemilihnya Ahok. Ini kan lebih meresahkan," katanya.

Dengan demikian, saat Anies-Sandi duduk di kursi pemprov DKI diminta untuk menjalin kerjasama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menciptakan harmonisasi masyarakat.

"Ini tantangan bagi gubernur terpilih untuk bisa bersinergi dengan pusat kemudian juga bisa menghilangkan intimidasi dan membuat rasa aman masyarakat," tandasnya. [ton]
#PilkadaDKI2017 #PilgubDki #Anies #Sandi
BERITA TERKAIT
Golkar Jadikan Pilkada Jakarta Pelajaran Berharga
Sandiaga Minta Pendukung Lepas Atribut Kampanye
Front Laskar Nusantara Kritik JK Soal Pilgub DKI
LSI Lembaga Paling Banyak Melakukan Survei Pilkada
Ahok Kalah, Ini Cara PPP DKI Selamatkan Partai
Ahok Kalah, PPP DKI Sebut Tak Perlu Gelar MLB
PPP DKI: Ahok Kalah, Jangan Salahkan Romi&Djan

ke atas