EKONOMI

Jumat, 21 April 2017 | 17:09 WIB

Untuk NC212i, PTDI Borong 34 Turboprop Honeywell

Untuk NC212i, PTDI Borong 34 Turboprop Honeywell
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) meneken kesepakatan pembelian 34 unit mesin turboprop buatan Honeywell Aerospace, perusahaan teknologi dan manufaktur berbasis di Amerika Serikat.

Honeywell akan memasok mesin turboprop TPE331 untuk pesawat NC212i milik PT Dirgantara lndonesia (PTDI) selama empat tahun ke depan. "Mesin TPE331 Honeywell adalah salah satu mesin turboprop yang paling dapat diandalkan dan telah terbukti di dunia dan memenuhi syarat sebagai mesin untuk pesawat kami," kata Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo usai penandatanganan kontrak di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Pengiriman pertama terdiri dari 6 mesin dilakukan di tahun ini. Sedangkan 28 measin lainnya dikirim bertahap hingga 2020. Kesepakatan ini merupakan kontrak dirgantara terbesar antara Honeywell dan PTDI.

Kontrak ini merupakan bukti atas kemitraan kuat dan berjangka panjang antara Honeywell dengan industri dirgantara lndonesia.

Dengan mesin turboprop TPE331 Honeywell, pesawat NC212i milik PTDI dapat lepas landas dan naik secara lebih cepat, mencapai kecepatan jelajah (cruise speed) lebih efisien, pemakaian bahan bakar yang lebih hemat dan menekan biaya operasi.


Selain itu, sebagai bagian dari strategi Honeywell di pasar yang bertumbuh secara pesat seperti lndonesia, Honeywell akan memberikan pelatihan mengenai mesin TPE331 secara gratis kepada enam insinyur PTDI guna membangun keterampilan pemeliharaan armada serta memastikan pengetahuan teknis bagi mitra-mitra lokal.

Sebelum perjanjian ini, Honeywell telah dipilih untuk memasok 11 mesin TPE331 untuk armada pesawat NC212-400 dan NC212i milik PTDI pada 2015.

"Honeywell dan PTDI telah menjalin hubungan kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan selama lebih dari 40 tahun dan kami optimis bahwa kemitraan ini akan terus berlanjut," kata Presiden Honeywell Indonesia Alex Pollack.

Berbagai produk Honeywell telah didistribusikan dan dipasang di Indonesia sejak 1974. Pada 1992, Honeywell membangun kantor pertamanya di Indonesia untuk mengelola jaringan perusahaan-perusahaan distribusi lokaI.

Saat ini, Honeywell telah mempekerjakan lebih dari 1.200 orang di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Batam dan Bintan. [tar]
#ptdi #nc212i #manufaktur #menperinairlangga
BERITA TERKAIT
Tahun Depan, Airlangga Masih Mengandalkan Mamin
Bisnis Obat Menjanjikan Tertolong Program JKN
Kemenperin Sesumbar Ekspor Mebel US$2 Miliar
Asing Jadi 'Doctor Cocoa' 3 Provinsi di Sulawesi
Airlangga Diganjar Insinyur Kehormatan Level ASEAN
Ada Apa di Balik Kerja Sama RI dan Vietnam?
Airlangga Apresiasi Pengembangan Pesawat N219

ke atas