GAYA HIDUP

Jumat, 21 April 2017 | 21:10 WIB

Pijat Bisa Atasi Gangguan Kelumpuhan Karena Stroke

Suyadi
Pijat Bisa Atasi Gangguan Kelumpuhan Karena Stroke
(Foto: Istimewa)


STROKE adalah penyakit pembuluh nadi otak karena pengerasan dan terjadi penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan darah merembes.

Bila tidak ditangani lama-lama pembuluh darah bisa pecah dan darah menimbun di kepala lalu membusuk dapat menekan otak, menyebabkan layu atau kelumpuhan sebagian, bahkan kadang kondisi yang lebih buruk sama sekali tidak dapat menggerakan anggota tubuhnya.

Penyakit stroke juga banyak ditakuti orang sebab sering mengakibatkan menjadi cacat permanent, bahkan banyak menyebabkan kematian.

Menjalani pola hidup sehat menjadi kuncinya. Dengan berolahraga, serta melakukan peregangan dan rileksasi secara benar dapat meringankan dan mencegah stroke.


Namun untuk yang menderita kelumpuhan sebagian anggota badan atau total dan telah berobat tetapi belum berhasil dapat dibantu diringankan/disembuhkan dengan merangsang/memijat pusat saraf. Terutama akar-akar saraf atau ganglion saraf yang menstimulasi, mempengaruhi dan merangsang bagian tubuh yang lemah atau anggota badan yang sakit.

Terapi pijat dilakukan semua segment massage mulai leher ketiga ke bawah sampai pinggang 5 disisi kiri dan kanan. Dilakukan dikerjakan berulang-ulang sampai urat-urat berasa lemas, elastis dan kenyal. Setelah peredaran darah lancar, otot-otot rileks, kemudian dilakukan pemulihan/penyembuhan pada bagian yang sakit atau yang lemah.

Contoh untuk daerah tungkai dan kaki. Titiknyeri yang dirangsang/dipijat adalah bagian depan diurut/dipijat dengan ibu jari tangan ujung lipatan kulit sendi lutut sisi luar menyusur ke atas sampai pangkal paha titik nyeri sepanjang antara perut dan pangkal paha. Berikutnya kembali ke bawah tungkai sisi dalam tepat di tengah-tengah paha, terus menyusur ke bawah sampai pergelangan kaki dan tekan kuat titik lekuk ditengah pergelangan kaki depan, diteruskan ke semua segment dikaki.

Urut/pijat diulang-ulang hingga tubuh terasa hangat, nyaman, segar dan rileks. Kemudian terapi atau urut dilanjut badan bagian daerah atas, yakni dada atas, tengkuk dan leher, bahu dan diteruskan tubuh bagian belakang. Pijatan dilakukan diutamakan pada bagian yang lemah atau sakit.

Yang juga sama pentingnya dari upaya tersebut ialah melakukan exercise atau latihan/latihan dengan cara fisioterapi. Karena selain dapat meningkatkan refleks serta saraf sensitive, juga melatih kerja saraf sehingga otot-otot menjadi kuat kembali, bagian anggota badan yang lumpuh dapat berfungsi dan bekerja lagi. [*]
#yadi #suyadi #stroke
BERITA TERKAIT
Intip Gaya Hidup Sehat Ferry Salim
Bebas Alkohol, Parfum Ulama Ini Klaim Bawa Berkah
PPLIPI Tingkatkan Solidaritas Antar Perempuan
Kacang Hijau dan Daun Adas Picu Produksi ASI
Museum Blanco Raih Penghargaan ISTA 2017 Kemenpar
Metode Pengobatan Kanker Ini Beri Harapan Baru
(Cheriatna, Pendiri PT Cheria Halal Holiday) Bisnis Wisata Halal Tak Pernah Sepi

ke atas