MOZAIK

Selasa, 02 Mei 2017 | 08:00 WIB

Awas! Mitos Syirik Bunuh Binatang Saat Istri Hamil

Awas! Mitos Syirik Bunuh Binatang Saat Istri Hamil
(Foto: Ilustrasi)


KAMI tidak menjumpai adanya satupun dalil yang melarang para suami untuk membunuh atau menyembelih binatang saat istrinya hamil. Beliau juga tidak pernah mengkaitkan antara tindakan membunuh binatang dengan kehamilan istri. Padahal kita sangat yakin, banyak istri sahabat yang hamil bertepatan dengan Idul Adha. Andaikan menyembelih binatang bisa berpengaruh buruk pada janin, tentu Nabi shallallahu alaihi wa sallam akan mengingatkannya.

Kita punya kaidah, meyakini sesuatu sebagai sebab terhadap sesuatu yang lain, padahal tidak memiliki hubungan sebab akibat, baik secara ilmiah maupun syariah maka termasuk perbuatan syirik kecil. Dalam konteks ini, orang yang berkeyakinan, membunuh binatang saat istri hamil bisa menyebabkan janin cacat, dihadapkan pada dua tantangan:




Pertama, apakah ini terbukti secara ilmiah? Adakah keterangan ahli genetika atau ilmu terkait lainnya yang secara ilmiah menjelaskan hubungan demikian? Jika tidak, kita berpindah pada tantangan kedua, adakah dalil yang shahih, baik dari Alquran maupun hadis yang menjelaskan hal tersebut?

Jika kedua tantangan ini tidak terpenuhi, berarti mitos itu sama sekali tidak terbukti secara ilmiah, dan meyakininya termasuk syirik kecil. Dan perlu Anda ingat baik-baik, meskipun kesalahan ini termasuk syirik kecil, tapi dosanya sangat besar karena itu, segera tinggalkan keyakinan ini. Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]
#mitos #syirik #hamil #janin #suami #istri #bunuh #binata
BERITA TERKAIT
Rasulullah Sangat Takut dengan Syirik Kecil
(Sambut HUT ke-72 RI) Mencintai Tanah Air Mewujudkan Negara Aman
(Sambut HUT ke-72 RI) Imam Ghazali: Umat Islam, Kemerdekaan Milik Kita
Ketika Tangan dan Kaki Bersaksi
Bergantung Hanya Pada Allah
W.S. Rendra: Doa Seorang Serdadu Sebelum Perang
(Sambut HUT ke-72 RI) Jasa Sang Putra Fajar di Makam Imam Bukhari

ke atas