TEKNOLOGI

Jumat, 05 Mei 2017 | 13:30 WIB

Remaja Ini Rancang Bra Pendeteksi Kanker Payudara

Remaja Ini Rancang Bra Pendeteksi Kanker Payudara
(ist)


INILAHCOM, Mexico City - Seorang remaja 18 tahun asal Meksiko berhasil merancang sebuah bra yang dapat mendeteksi kanker payudara di tahap awal.

Julian Rios Cantu, demikian nama remaja yang masih duduk di bangku SMA itu, menyebut bra rancangannya dengan nama EVA. Bra 'pintar' tersebut telah ditanamkan sekitar 200 biosensor untuk memetakan permukaan payudara dan memantau perubahannya.

Kebanyakan pemeriksaan payudara sendiri hanya ditujukan untuk memeriksa perubahan dari segi ukuran, tetapi bra ini menawarkan pemeriksaan lebih lanjut dengan menyertakan sensor temperatur.




Sebagian besar dari Anda mungkin mengetahui jika perempuan disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulannya, sekedar mendeteksi jika ada sesuatu yang tidak beres. Namun, tidak semua orang bisa mengingatnya. Oleh karena itu, EVA bisa menjadi solusi yang cukup tepat karena digunakan oleh para wanita sehari-hari.

Deteksi awal memang merupakan kunci utama untuk pencegahan kanker payudara. Jika berhasil terdeteksi sejak awal, pasien memiliki tingkat kelangsungan hidup hingga hampir 100%.

Atas rancangannya ini, Cantu yang terinspirasi dari sang ibu yang berjuang melawan kanker payudara, mendapatkan banyak pujian. EVA pun berhasil memenangkan penghargaan Student Entrepreneur Awards (GSEA) dengan hadiah sebesar US$20.000 atau sekitar Rp267 juta.

#bra #eva #kanker #payudara
BERITA TERKAIT
Ilmuwan Bakal Uji Kemampuan Zika Bunuh Sel Kanker
Mengapa Hewan Peliharaan Bawa Ketentraman?
Geely Beli 49,9% Saham Proton
IM3 Berikan Kebebasan Akses Aplikasi Tanpa Kuota
(Untuk Pertama Kalinya) Roket Ruang Angkasa Meluncur dari Fasilitas Swasta
Q1 2017, Samsung Rajai Penjualan Smartphone Global
Yamaha Buka Pemesanan Online untuk XMAX

ke atas