OLAHRAGA

Minggu, 14 Mei 2017 | 09:32 WIB
(Feature Race F2 Katalunya)

Balapan Feature yang Sulit Bagi Sean Gelael

Arif Budiwinarto
Balapan Feature yang Sulit Bagi Sean Gelael
(Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Barcelona Dua pebalap tim Pertamina Arden, Norman Nato dan Sean Gelael, menjalani balapan feature Formula 2 yang sulit di sirkuit Katalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu (13/5).

Keluarnya mobil pengaman pada putaran sepuluh ikut berperan membuyarkan harapan mereka untuk bisa mempertahankan posisi di barisan depan.



Nato yang start dari posisi ketujuh, sempat terlempar ke posisi 11. Namun, pebalap asal Prancis itu masih bisa menjaga jarak dengan beberapa pebalap di belakangnya. Sementara Sean yang memulai balapan dari urutan ke-17, tampil cukup tenang untuk berjuang ke barisan depan.

Selepas lap kedelapan, Sean bisa menyodok ke posisi sepuluh besar. Dia bahkan mampu melawati Nato dan terus berupaya mempertahankan kecepatan mobilnya secara konsisten. Beberapa pebalap terdepan sudah memutuskan masuk pit stop, sehingga posisi Sean dan Nato terus tedongkrak ke posisi enam dan tujuh.

Sayangnya pada lap kesepuluh, mobil Sergio Canamasas bermasalah dan terhenti di tengah lintasan. Akibatnya, balapan harus dipandu oleh mobil pengaman. Situasi ini tak menguntungkan pebalap barisan depan, termasuk Sean dan Nato.


Sebaliknya, kehadiran mobil pengaman menguntungkan pebalap-pebalap yang sudah masuk pit stop karena jarak mereka dengan pebalap terdepan menjadi lebih dekat.

Dengan kondisi ban yang sudah mulai terdegradasi, Sean dan Nato tak mampu lagi mempertahankan posisi mereka di sepuluh besar. Posisi mereka pun kian tertinggal setelah masuk pit stop untuk pergantian ban.

Tim Pertamina Arden memakai strategi ban hard (prime) dan soft (option). Sejak awal, kedua pebalap di-setting untuk masuk pit stop pada lap 26 dan 27. Skenario ini agak berantakan dengan keluarnya mobil pengaman. Selain itu, degradasi ban juga terjadi cukup cepat.

Head Engineering Tim Pertamina Arden, Gaetan Jego, juga menyebut performa mobil tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan. Sean akhirnya harus puas finis di posisi ke-16, sedangkan Nato berada di urutan ke-17.

Posisi terdepan ditempati pebalap Prema Racing, Charles Leclerc. Ini menjadi kemenangan kedua Lecrec pada musim pertamanya di ajang F2. Sebelumnya, Lecrec tampil sebagai juara di balapan sprint di sirkuit Bahrain.

Posisi kedua ditempati pebalap Russian Times, Luca Ghiotto. Sementara podium ketiga akhirnya diambil pebalap tim DAMS, Oliver Rowland. Dengan hasil ini, Lecrec masih memimpin klasemen sementara pebalap dengan nilai 65. Rowland menyodok ke posisi kedua dengan nilai 35.
#f2 #sean gelael
BERITA TERKAIT
Westbrook Raih Gelar MVP 2016-17
Tontowi/Liliyana Lebih Selektif Ikut Turnamen
Vettel: Seharusnya Hamilton Juga Dihukum
Ditabrak Dua Kali, Hamilton Kecam Kelakuan Vettel
(MotoGP Belanda) Marquez Hanya Bidik Podium di MotoGP Belanda
(MotoGP Belanda) Kemenangan yang Amat Penting untuk Rossi
Ricciardo Juarai GP Azerbaijan 2017

ke atas