PASAR MODAL

Senin, 15 Mei 2017 | 15:50 WIB

BEI Jelaskan Manfaat Sekuritisasi Aset BUMN

Monica Wareza
BEI Jelaskan Manfaat Sekuritisasi Aset BUMN
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Sekuritisasi aset BUMN dianggap menjadi langkah tepat sebagai alternatif dalam pembiayaan proyek infrastruktur dari sumber non APBN.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio mengatakan bahwa sekuritasasi aset mampu menghimpun dana lebih besar dari pasar dibandingkan dengan instrumen lainnya seperti surat utang.



"Sekuritisasi aset BUMN mampu menghimpun dana untuk percepatan proyek pembangunan sebagaimana yang diharapkan pemerintah," kata Tito di Gedung BEI, Jakarta, Senin (15/5/2017).


Meskipun begitu, Tito tidak yakin berapa besar jumlah dana yang kemungkinan bisa dihimpun melalui cara ini.

Konversi aset perusahaan BUMN menjadi instrumen Efek Beragunan Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) di pasar modal diharapkan membantu percepatan proyek infrastruktur Pemerintah.

Sebagai informasi, PT PLN (Persero) akan melakukan sekuritisasi aset pada pembangkit Suralaya, Cilegon. Sementara, PT Jasa Marga (Persero) akan melakukan sekuritisasi aset atas tol Jagorawi. Kedua Persero ini berencana akan melakukan sekuritisasi aset pada Mei dan Juni 2017.

"Kalau tol, infrastruktur, dan powerplant bisa disekuritisasi, bisa besar dan mudah karena apa karena sudah ada revenue," kata Tito. [hid]
#sekuritisasiasetbumn #sekuritisasieba-spbtn
BERITA TERKAIT
Inilah Penggerak Bursa Saham di AS
Jasa Marga Bebaskan Lahan dengan Dana LMAN
Inilah Tujuan Adhi Karya Rintis TOD
Bulan Mei, Laba Perusahaan di China Naik
Inilah Pemicu Kejatuhan Bursa Eropa
Bursa Saham Asia Mayoritas Positif
Buffett: Saat Ini Pasar Modal Lebih Spekulatif

ke atas