GAYA HIDUP

Senin, 15 Mei 2017 | 19:00 WIB

Apakah Boleh Berbuka Puasa dengan Sate Padang?

Mia Umi Kartikawati
Apakah Boleh Berbuka Puasa dengan Sate Padang?
(Foto: Istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Kuliner nusantara memang sangat menggugah selera. Mulai dari makanan pedas hingga manis pun kerap ditemukan. Salah satu makanan khas Indonesia adalah sate padang.

Namun, apakah baik ketika sate padang digunakan sebagai menu untuk buka puasa?

Menurut ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, menjelaskan bahwa menikmati kudapan sate padang memang sangat nikmat. Hal tersebut tentu sangat boleh dijadikan menu utama untuk berbuka puasa. Namun, jangan terlalu sering.


"Kalau sate padang itu yang menjadi masalah kesehatan jika dikonsumsi secara sering. Kalau sudah menjadi keterusan dan kebiasaan akan ada efeknya pada masalah kesehatan," kata ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes saat ditemui di acara Philips, Jakarta, Senin (15/05/2017).

Masih menurutnya, masalah kesehatan justru muncul dari cara membuat satenya. Hal tersebut karena melalui proses pembakaran yang terlihat ketika bahan makanan terlalu dekat dengan api atau bara api. Hal ini karena akan meningkatkan zat karsinogen.

"Kalau hari ini makan sate, harus langsung menggantinya dengan asupan anti oksidan. Bisa mengkonsumsi jus buah dan tidak menggunakan gula serta susu kental manis. Lebih baik lagi, jika konsumsi buah dalam bentuk utuh dan tidak diolah," tambahnya.(tka)
#sate #padang #berbuka #puasa
BERITA TERKAIT
Tingkatkan Kebersamaan Ibu dan Anak dengan Dongeng
(Wedding Celebration Festival 2017) Nendia Primarasa Sajikan Menu Baru
Artis Ramai - Ramai Dukung Pesona Indonesia
Ternyata Ada Sunat Tanpa Jarum Suntik
Nyeri Kaki Terus Menerus
Apoteker Berperan Kendalikan Resistensi Antibiotik
(Hindari Resistensi) Konsumsi Antibiotik Harus dengan Resep Dokter

ke atas