PASAR MODAL

Selasa, 16 Mei 2017 | 19:03 WIB

Tambah Investor, BEI Gencar Edukasi Masyarakat

Tambah Investor, BEI Gencar Edukasi Masyarakat
(Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Semarang - Bursa Efek Indonesia (BEI) terus melakukan edukasi mengenai pasar modal kepada masyarakat untuk menambah jumlah investor.

"Target dari awal tahun hingga akhir tahun nanti adalah penambahan jumlah investor dan jumlah emiten. Kegiatan dan daya upaya BEI Semarang mengarah ke dua target itu," kata Kepala Kantor Perwakilan BEI Semarang Fanny Rifqi El Fuad di Semarang, Selasa (16/5/2017).

Dia mengatakan dari sisi investor, BEI memiliki strategi edukasi yang sudah menjadi "branding" yaitu sekolah pasar modal di mana sekolah ini diselenggarakan di kantor bursa dan luar kantor bursa.

"Sasaran kami adalah mahasiswa dan masyarakat umum yang tergabung dalam komunitas, instansi, dan juga PNS di lingkungan Pemda yang nantinya kami kerja samakan dengan perusahaan sekuritas dan OJK," katanya.

Selain itu, di Kantor OJK pihaknya juga menyelenggarakan kelas pasar modal. Kegiatan tersebut menambah kelas BEI yang tadinya hanya ada di kantor BEI, sejak bulan April 2017 bertambah di Kantor OJK.


"Sejak bulan lalu hingga saat ini kami sudah tiga kali mengadakan di Kantor OJK, melihat animo yang cukup besar dari peserta kelas pasar modal sepertinya akan terus di sana. Upaya ini akan menambah amunisi untuk menambah jumlah investor," katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini jumlah investor di Kota Semarang sudah mencapai 15.850 investor. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang masih di kisaran angka 10.000 investor.

Meski demikian, kenaikan angka yang cukup signifikan dari sisi jumlah investor ini belum diikuti oleh jumlah emiten yang melantai di BEI.

Khusus dari Kota Semarang, jumlah emiten pada tahun ini masih sama dengan tahun lalu yaitu empat perusahaan. Empat perusahaan tersebut adalah PT Sritex, PT Sido Muncul, PT Dua Putra Utama, dan PT Tower Bersama Globalindo.

"Mengenai emiten ini merupakan tantangan bagi kami. Di sini kami berupaya terus memberikan edukasi apa itu 'go public', apa itu IPO, bagaimana memperoleh tambahan modal bukan dari perbankan tetapi dengan cara 'go public'," katanya.

Pihaknya berharap, dengan semakin terbukanya informasi tersebut akan dapat menambah jumlah perusahaan yang bergabung menjadi emiten di BEI. [tar]
#pt bursa efek indonesia #bei #investor saham
BERITA TERKAIT
Pascarekor Baru, Sisa Angka Hijau IHSG 13,8 Poin
Rehat Siang, IHSG Perkasa 40 Poin ke 6.077
Buka Sesi I, IHSG Merangsek Naik 14,6 Poin ke 6052
IHSG Berakhir Meroket 1,1% ke Angka 6.037
Jeda Siang, IHSG Melambung 58,5 Poin ke 6.030
Awali Sesi I, IHSG Hijau 14,1 Poin ke 5.986
IHSG Dibanting 15,9 Poin ke 5972 di Detik Terakhir

ke atas