MOZAIK

Kamis, 18 Mei 2017 | 00:11 WIB

Hari Lansia: Kiat Memaknai Usia Kita

KH Ahmad Imam Mawardi
Hari Lansia: Kiat Memaknai Usia Kita
(Foto: Ilustrasi)


USIA adalah rentang waktu untuk mengerjakan ujian kehidupan. Nilainya sangat tergantung pada bagaimana menjawab soal ujian yang disediakan pada pemilik usia itu, tidak selalu tergantung pada seberapa banyak soal yang diselesaikan. Terma "ahsanu amala" yang bermakna perbuatan yang baik, jawaban yang baik atau respon terbaik merupakan terma yang dipilih al-Qur'an.

Jika ada keluarga kita yang usianya tak begitu panjang, tak usahlah dikeluhkan sepanjang amal berbuatan baiknya berumur lebih panjang ketimbang angka usianya. Jika dianugerahi usia panjang, seseorang hendaklah bersyukur diberikan kesempatan untuk meralat, menghapus dan memperbaiki jawaban soal kehidupan yang telah sebelumnya dijawabnya dengan salah. Lebih dari itu, usia panjang sungguh memiliki nilai makna yang terlalu panjang untuk dituliskan di status pendek ini.


Ada banyak nabi dan rasul yang usianya panjang sampai ratusan dan seribu tahun. Ada pula yang usianya tak begitu panjang. Namun semua mereka telah menjadi teladan bagi semua manusia. Sudahkah kita berbuat yang layak dijadikan teladan?

Bagi yang sudah beranjak menjadi tua atau yang sudah lansia, sempatkan baca QS Al-Ahqaf ayat 15. Renungkanlah apa yang harus menjadi fokus kerja mereka yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Salam, AIM@Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya. [*]
#pencerahhati #pencerah hati #ahmad imam mawardi
BERITA TERKAIT
Teka-teki Bukan Silang, Ada Saling Silang Pendapat
Apa yang Anda Perebutkan?
Bersyukurlah Maka Nikmat akan Semakin Semarak
Inilah yang Diajarkan Kehidupan
Pribadi Penuh Cinta dan Pribadi Penuh Benci
Filsafat Matematika untuk Kehidupan yang Tertata
Hilal, Rasulullah dan Istri Bilal

ke atas