TEKNOLOGI

Jumat, 19 Mei 2017 | 18:18 WIB

Qualcomm Gugat Empat Mitra Manufaktur Apple

Ibnu Naufal
Qualcomm Gugat Empat Mitra Manufaktur Apple
(ist)
INILAHCOM, San Diego - Produsen chipset Qualcomm mengajukan tuntutan hukum terhadap empat manufaktur kontrak Apple, termasuk Foxconn Technology Group, karena lalai membayar royalti.

Selain Foxconn, maufaktur lain yang terdaftar dalam pengajuan gugatan oleh Qualcomm adalah Pegatron Corp, Wistron Corp, dan Compal Electronics Inc.

Qualcomm mengatakan dalam keluhannya bahwa Apple telah memerintahkan para manufaktur itu untuk menahan pembayaran royalti dan setuju untuk mengganti kerugian mereka terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh pelanggaran perjanjian mereka dengan Qualcomm.

Dalam pengaduan yang diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan California, Qualcomm tidak mengungkapkan jumlah kuota yang harus dibayar oleh produsen.


Perusahaan yang bermarkas di San Diego, California, AS ini mengatakan pada bulan lalu bahwa Apple telah memutuskan untuk menahan pembayaran royalti kepada produsen kontraknya yang berhutang kepada produsen chip, untuk penjualan yang dilakukan pada kuartal pertama 2017, sampai perselisihan diselesaikan di pengadilan.

"Meskipun tidak mempermasalahkan kewajiban kontraktual mereka untuk membayar penggunaan penemuan Qualcomm, pabrikan mengatakan bahwa mereka harus mengikuti instruksi Apple untuk tidak membayar," Qualcomm mengatakan pada Rabu.

Qualcomm menambahkan bahwa Apple mencoba memaksa perusahaan tersebut menyetujui permintaan 'tidak beralasan untuk mendapatkan lisensi langsung di bawah pasar'.

Sementara itu, Apple menegaskan bahwa pihaknya telah berusaha mencapai kesepakatan lisensi dengan Qualcomm selama lebih dari lima tahun, namun perusahaan tersebut menolak untuk menegosiasikan persyaratan yang adil.
#Qualcomm #Apple #gugatan #pengadilan
BERITA TERKAIT
China Hapus Skype dari Apple App Store
Foxconn dan Apple Awasi Jam Kerja Pegawai Magang
iPhone SE Generasi Terbaru Rilis Q1 2018?
Rakit iPhone X, Foxconn Eksploitasi Pelajar SMA
Apple Pakai Modem Qualcomm untuk iPhone 2018?
Apple Kembali Hadapi Gugatan Hukum
iPhone X Plus Bakal Kompatibel Dengan Jaringan 5G?

ke atas