DUNIA

Kamis, 18 Mei 2017 | 18:11 WIB
(Mahathir Mohamad)

PAS Lebih Baik Berkoalisi

Bachtiar Abdullah
PAS Lebih Baik Berkoalisi
Dr Mahathir Mohamad pimpinan Parti Pribumi Bersatu Malaysia The Straits times
INILAHCOM, Kuala Lumpur --- Keputusan Partai Islam SeMalaysia (PAS) menjauhkan diri dari kubu oposisi hanya akan menguntungkan koalisi Barisan Nasional pimpinan UMNO, kata bekas Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

PAS bekerja sama atau tidak dengan Umnno pada pemilihan umum bakal mengurangi dukungan terhadap aliansi oposisi Pakatan Harapan dan PAS sendiri, kata Dr M yang kini menjadi pemimpin oposisi utama dalam perpolitikan Malaysia, seperti ditulis The Star, Kamis (18/5/2017).

Pakatan dan PAS akan kalah dan kubu Barisan Nasional akan menang, I PAS sebenarnyan ukan membela untuk puak Melayu atau agama (Islam). PAS keluar dari koalisi Ini hanya melemahkan posisi orang Melayu, tambah Dr M dalam uanggahan terbaru di blog miliknya.

Dr M yang kini memimpin Parti Pribumi Bersatu Malaysia mengatakan, sejarah menunjukkan bahwa PAS selalu jeblok pada pemilu jika tampil sendirian tanpa bekerja sama dengan partai oposisi lainnya. PAS lebih baik bila punya teman koalisi yang kuat.


PAS sejak 1959 menjadi pecundang padapemilu tahun tersebut karena tidak menggandeng partai oposisi lainnya.

Namun mesin partai PAS dapat bekerja maksimal ketika bekerja sama sengan Partai Aksi Demokratik (DAP) yang pendukungnya mayoritas etnis Cina dan Parti Keadilan Rakyat (PKR ) pimpinan Anwar Ibrahim pada Pilihan Raya (pemilu) 1999. Koalisi ini berhasil menangguk 27 kursi di parlemen.

Pada 2004, DAP keluar dari koalisi Barisan Alternatif, ternyata PAS hanya meraih tujuh kursi. PAS tampil bagus pada pemilu 2008 saat bergabung dengan koalisi Pakatan Rakyat bersama DAP, tambah Dr M.

Pendatang baru Parti Pribumi Bersatu Malaysia pimpinan Mahathir menyarankan agar PAS masukdalam koalisi pada pemilihan umum berikutnya untuk menghindari pertarunganyang bersegi banyak.
Namun, PAS mengatakan bahwa pihaknya tidak akan pernah bekerja dengan DAP dan Amanah, namun mau mempertahankan kerja sama politik dengan PKRpimpinan Anwar Ibrahim.

# malaysia # mahathir mohamad # pas #pkr #anwar ibrahi
BERITA TERKAIT
Malaysia Sita Puluhan Trenggiling Selundupan
Mnangagwa Resmi Jadi Presiden Baru Zimbabwe
Tidak Ada WNI Jadi Korban Serangan Masjid di Mesir
Masjid Mesir Diserang Saat Shalat Jumat, 235 Tewas
Putra Mahkota Saudi: Khamenei Adalah 'Hitler Baru'
Bekas Jenderal Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup
Ratusan Juta Warga AS Bakal Serbu Ritel dan Amazon

ke atas