DUNIA

Jumat, 19 Mei 2017 | 12:02 WIB

Trump dan Melania Awali Lawatan Resmi Luar Negeri

Didi Prambadi
Trump dan Melania Awali Lawatan Resmi Luar Negeri
(Foto: Association)


INILAHCOM, Washington DC - Presiden Donald Trump akan melakukan lawatan resminya ke lima negara selama 8 hari mulai hari Jumat (19/5/2017).

Majalah TIME mengabarkan, dalam kunjungan itu, Trump akan ditemani istrinya Melania Trump. Orang nomor satu AS itu akan membangun kembali hubungan pemerintahnya dengan Arab Saudi dan Israel yang sempat mendingin selama Pemerintahan Presiden Obama. Menteri luar negeri Rex Tillerson juga akan ikut dalam rombongan kepresidenan.


Saya akan memperkuat hubungan dengan sahabat lama dan menjalin hubungan dengan mitra baru. Bukan mitra yang hanya minta, minta, minta saja, tetapi juga memberi, kata Trump dalam pidatonya di acara pelantikan Akademi Garda Nasional AS. Mitra yang bersedia membantu membayar jasa kita. Banyak yang menyadari hal itu, ujar Trump menyindir anggota NATO yang dinilainya tak memberi kontribusi yang layak.

Presiden Trump yang tiba di Arab Saudi Jumat (20/5/2017) akan minum kopi bersama dengan Raja Salman di Riyadh, diikuti jamuan kerajaan. Setelah itu, Trump melakukan pembicaraan bilateral dengan Raja Salman dan Putra Mahkoa Pangeran Muhammad. Dalam kunjungan itu, Trump akan menanda tangani penjualan peralatan militer senilai US$100 miliar dan mendiskusikan sejumlah isu seperti Suriah dan Iran serta perang di Yaman.

Sebelum acara makan malam dengan Keluarga Kerajaan Saudi, Presiden Trump menanda tangani sejumlah kerjasama yang isinya Memperkuat kerjasama ekonomi dan keamanan AS-Saudi. Keesokan harinya, Trump akan mengadakan pembicaraan dengan Dewan Kerjasama Teluk, dan makan siang bersama 50 kepala negara Muslim, termasuk Presiden Sudan Omar al-Bashir. Dalam kesempatan itu, Trump akan memberikan pidato mengenai ideologi radikalisme dan Islam. Setelah itu, orang nomor satu AS itu akan berpartisipasi dalam forum Twitter dengan kaum muda Saudi.
#donaldtrump #trump #as
BERITA TERKAIT
Jared Kushner Jadi Target Usut Keterlibatan Rusia
Trump Puji Perang Narkoba yang Dilakukan Duterte
Trump Sebut Kim Jong-Un 'Orang Gila dengan Nuklir'
Trump Tiba di Roma untuk Bertemu Paus Fransiskus
John Brennan: Ada Kontak Rusia dengan Jurkam Trump
(Dalam Kunjungan Resminya ke Israel) Trump Minta Iran Hentikan Dukungan pada Militan
Bekas Direktur FBI Bakal Jelaskan Isi Memo Trump

ke atas