NASIONAL

Jumat, 19 Mei 2017 | 15:32 WIB

Polisi Tak Akan Jemput Paksa Rizieq

Agus Irawan
Polisi Tak Akan Jemput Paksa Rizieq
Habib Rizieq (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)


INILAHCOM, Jakarta - Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan menjemput paksa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq untuk kembali ke Indonesia. Karena diyakini Rizieq akan segera kembali ke Tanah Air.

Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menanggapi kelanjutan kasus dugaan chat mesum antara Habib Rizieq dengan Firza Husein.



"Kita masih menunggu Habib Rizieq pulang ke Indonesia, informasi dari penyidik yang bersangkutan masih berada di luar negeri, ya semoga saja secepatnya dia kembali ke Indonesia," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/5/2017).

Argo menjelaskan, bahwa pihaknya tidak mau menjemput Habib Rizieq di luar negeri lantaran ada kendala beberapa prosedur penjemputan yang berbeda.


"Karena peraturan antara negara lain pasti berbeda-beda, jadi kita tunggu saja dia kembali pulang ke tanah air, dan polisi tidak bisa langsung ke sana terus menangkap begitu saja, ada prosedurnya," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Maryoto Suimadi mengatakan bahwa pihaknya akan terus mencari keberadaan Ketua FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) yang diketahui berada di Saudi Arabia.

"Kami akan meminta bantuan interpol, polisi, imigrasi dengan menggunakan perwakilan kita yang ada di luar negeri," kata Maryoto, saat konferensi pers kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Gedung Bareskrim Polri di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Rabu (17/5/2017) lalu.

Menurut dia, Ditjen Imigrasi sedang menggandeng berbagai instansi hukum untuk membawa pulang Habib Rizieq ke Indonesia.

"Dirjen Imigrasi bekerjasama dengan semua instansi yang terkait keamanan, KPK telah melakukan pertukaran data, terkait dengan Rizieq," jelasnya. [ton]
#HabibRizieq #FirzaHusein
BERITA TERKAIT
Pengacara Rizieq: Semoga Ada Polisi yang Baik
Kasus Rizieq dan Novel Dilanjutkan Kapolda Baru
Respon Polisi Dengar Habib Rizieq Ingin Pulang
Relawan Bang Japar Kawal Ikut Jaga Hermansyah
(Foto Kapolda dengan Penganiaya Hermansyah Beredar) Publik Diminta Tak Berspekulasi Soal Foto Kapolda
Pemeriksaan Kasus Hermansyah Diharap Libatkan Ahli
Polisi Serius Ungkap Kasus Hermansyah

ke atas