METROPOLITAN

Jumat, 19 Mei 2017 | 22:49 WIB

Ketua DPRD DKI Minta Proyek MRT Harus Sukses

Ketua DPRD DKI Minta Proyek MRT Harus Sukses
Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - DPRD Provinsi DKI Jakarta mempertanyakan pembangunan proyek moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) kekurangan anggaran, karena PT MRT mengajukan anggaran ke DPRD DKI sebesar Rp2,56 triliun pada fase I yaitu Bundaran HI-Lebak Bulus.

Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pihaknya akan meminta secara detail apa saja kekurangan dan bagaimana mekanisme proses pendanaannya. Menurut dia, perencanaannya buruk mengingat kekurangan dana dipenghujung.

"Pengajuan anggaran sebesar Rp25 triliun harus dipaparkan secara detail, kami akan mendukung penuh proyek nasional ini," kata Prasetyo, Jumat (19/5/2017).

Sekretaris DPW PDI Perjuangan DKI itu menjelaskan permintaan dana tersebut sesuai rencana rancangan tata ruang MRT fase II sebelumnya dari Bundaran HI lanjut ke Kampung Bandan, tapi harus dengan laporan secara detail untuk menyetujuinya.


"Dana Rp2,56 triliun untuk MRT fase I kini sudah mencapai sekitar 71,39 persen," ujarnya.

Menurut dia, anggaran Rp25,1 triliun itu terbagi dua bagian yaitu Rp22,5 trilun untuk infrastruktur MRT fase II dan Rp2,56 triliun untuk fase I. "Kami setuju karena itu proyek strategis nasional," katanya.

Ia mengatakan persetujuan penambahan dana MRT itu cukup ditingkat rapat gabungan pimpinan, tapi yang penting semua sudah selesai baik peruntukan penambahan dana fase I, fase II, pengadaan kantor, dan usulan revisi Perda terkait pendapatan yang bisa dilakukan dari pungutan tiket.

Berdasar hasil rapat, kata Pras, penambahan dana fase I itu lantaran ada relokasi utilitas, perubahan desain, belum lagi misalkan ada permintaan desain lokomotifnya dan hal itu dianggap wajar oleh para pimpinan DPRD DKI.

"Ada batas waktu persetujuan Mei-Juni 2017, itu kan pakai pinjaman uang Jepang yang diganti pakai anggaran DKI," tandasnya. [ton]
#Mrt #Prasetyo
BERITA TERKAIT
Modal Pembuatan Uang Palsu di Bangkalan Rp120 Juta
WNA yang Tewas Bunuh Diri Akan Dipulangkan
Prasetio: Anies-Sandi Kerja Saja Dulu
Tanggapan Anies Soal Rumah Warga Ditimpa Tiang LRT
Buron, Polisi Terus Buru Pemilik T1 Sauna Gay
Anies Tanggapi Soal Publik yang Terus Tagih Janji
Kapolda Metro Beri Uang Anggota untuk Beli Seragam

ke atas