GAYA HIDUP

Senin, 05 Juni 2017 | 20:41 WIB

Tips Mengatasi Batuk pada Balita

Suyadi
Tips Mengatasi Batuk pada Balita
(Foto: Istimewa)


ANAK-ANAK pada umur tiga tahunan sangat rentan terhadap batuk. Gangguan sakit batuk pada anak harusnya dapat dicegah sejak dini, seperti untuk tidak memberi minuman dingin atau es, gorengan, kerupuk, dan lain-lain yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Cara ini adalah paling mudah dilakukan oleh orang tua. Dari semua usaha pengobatan sakit batuk, yang paling penting adalah memperhatikan faktor penyebab sakit. Peradangan pada saluran nafas sering menimbulkan dahak kental.



Pengobatan ditujukan untuk meringankan gejalanya. Yakni dengan mencairkan dahak kental supaya dapat keluar dan nafas kembali longgar. Caranya dengan memberi, menyuruh anak menghirup uap air panas yang diberi minyak kayu putih atau peppermint, dihisap berulang-ulang lebih kurang selama 3 menit.


Lakukan dua kali pagi dan sore menjelang anak tidur. Sesudah anak diuap, ditengkurepkan di pangkuan, di permukaan punggung ditepuk-tepuk dari bawah ke atas sampai batas pundak belakang selama 1 menit.

Tujuannya, menstimulasi pusat syaraf (medulla Spinalis) mendorong cairan keluar, memperlancar darah ke jantung, membersihkan lendir kotor pada saluran pernafasan, supaya nafas tidak berbunyi, dan nafas menjadi longgar, serta anak kembali menjadi sehat.

Urutlah daerah punggung anak sesudah mandi sambil menggosoknya minyak kayu putih. Selain membuat anak merasa hangat, cara ini juga bisa mencegah agar tidak mudah masuk angin dan tidurnya menjadi anteng dan nyenyak.

Terapi ini cocok diberikan pada anak-anak pada musim panca roba seperti sekarang, sebab dengan perubahan cuaca yang tidak menentu kondisi anak lemah dan mudah terkena sakit radang. [*]
#yadi #suyadi #batuk #balita
BERITA TERKAIT
Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin
Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah
Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI
Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir
Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun
#GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis
Xiao International Culture Week Digelar di Jakarta

ke atas