GAYA HIDUP

Jumat, 09 Juni 2017 | 19:30 WIB

Gelar Batik Nusantara Bangkitkan Pengrajin Batik

Mia Umi Kartikawati
Gelar Batik Nusantara Bangkitkan Pengrajin Batik
(Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Batik menjadi icon Indonesia. Batik merupakan budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui UNESCO. Karena itu, Gelar Batik Nusantara 2017 digelar.

Gelar Batik Nusantara 2017 berlansung pada 7 - 11 Juni 2017 mendatang di Jakarta Convention Center. Yayasan Batik Indonesia yang didirikan pada tanggal 28 oktober 1994 menjadi pemerhati batik serta dijiwai oleh semangat Sumpah Pemuda juga merupakan mitra kerja Pemerintah dalam mengembangkan, melestarikan dan membina pengusaha/pengrajin batik nasional.



Penggunaan batik berbahan serat dan pewarna alami, merupakan bukti perpaduan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati yang akan berdampak pada pelestarian keanekaragaman hayati dan pendapatan ekonomi masyarakat.


"Kini, batik berbahan dasar alami sudah banyak dimininati banyak orang," kata Nita Kenzo Pelaku Warna Alam batik saat ditemui di pembukaan Gelar Batik Nusantara 2017, Jakarta, baru - baru ini.

Berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerajinannya di dalam negeri, semakin meningkat dan beragam.

Salah satunya adalah penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia. Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun tahun sebelumnya, Tahun 2017 Gelar Batik Nusantara kembali akan ditampilkan untuk ke 10 kalinya. (tka)
#batik #pengrajin #batik #GelarBatikNusantara
BERITA TERKAIT
Jangan Biarkan Anak Asik Bermain Gadget
Segera Lapor Jika Melihat Korban Bullying
Seto Mulyadi: Harusnya Ada Gerakan Anti Bullying
Pengaruh Gadget Pada Anak
(Relief Borobudur Hadir Dalam Bentuk Tatanan Rambut) Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion 30-9-2017
Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak
Ini Pola Makan yang Benar Usai Beri ASI Esklusif

ke atas