GAYA HIDUP

Jumat, 09 Juni 2017 | 19:30 WIB

Gelar Batik Nusantara Bangkitkan Pengrajin Batik

Mia Umi Kartikawati
Gelar Batik Nusantara Bangkitkan Pengrajin Batik
(Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Batik menjadi icon Indonesia. Batik merupakan budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui UNESCO. Karena itu, Gelar Batik Nusantara 2017 digelar.

Gelar Batik Nusantara 2017 berlansung pada 7 - 11 Juni 2017 mendatang di Jakarta Convention Center. Yayasan Batik Indonesia yang didirikan pada tanggal 28 oktober 1994 menjadi pemerhati batik serta dijiwai oleh semangat Sumpah Pemuda juga merupakan mitra kerja Pemerintah dalam mengembangkan, melestarikan dan membina pengusaha/pengrajin batik nasional.

Penggunaan batik berbahan serat dan pewarna alami, merupakan bukti perpaduan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati yang akan berdampak pada pelestarian keanekaragaman hayati dan pendapatan ekonomi masyarakat.


"Kini, batik berbahan dasar alami sudah banyak dimininati banyak orang," kata Nita Kenzo Pelaku Warna Alam batik saat ditemui di pembukaan Gelar Batik Nusantara 2017, Jakarta, baru - baru ini.

Berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerajinannya di dalam negeri, semakin meningkat dan beragam.

Salah satunya adalah penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia. Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun tahun sebelumnya, Tahun 2017 Gelar Batik Nusantara kembali akan ditampilkan untuk ke 10 kalinya. (tka)
#batik #pengrajin #batik #GelarBatikNusantara
BERITA TERKAIT
Sail Sabang 2017 Tumbuhkan Bisnis Berbasis Bahari
Promosi Sail Sabang, Gaet Ribuan Wisman
Menteri Asman Minta Kepri Genjot Kunjungan Wisman
Inilah Beragam Agenda Menarik Sail Sabang 2017
Bungasari Hadir Kembali di Pameran SIAL InterFOOD
Intip Trend Liburan Favorit Domestik 2018
Kang Anom, Gowes Bandung-Aceh Mempertebal Keimanan

ke atas