RAMADHAN

Sabtu, 17 Juni 2017 | 06:30 WIB

Puasa, Baiknya Jalankan Ketogenic Diet

Mia Umi Kartikawati
Puasa, Baiknya Jalankan Ketogenic Diet #Kurma
(Foto: istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Puasa adalah saat yang baik untuk melaksanakan diet ketogenic atau biasa dikenal dengan diet tinggi protein dan lemak sehat. Seperti apa?

Menurut Dr. Antono Sutandar, SpJP(K) dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Jakarta, Rabu (14/06/2017), diet tersebut sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, diet ini juga dapat menghasilkan turunnya tekanan darah dan gula darah pada tubuh.



"Dengan konsumsi makanan yang mengandung kadar protein dan lemak baik yang tinggi serta mengurangi karbohidrat terutama karbohidrat olahan seperti gula, tepung dan jus buah, dapat berpengaruh pada pengurangan berat badan," papar Dr. Antono Sutandar, SpJP(K).


Lebih lanjut dia menambahkan, Ketagonic diet akan membakar lemak dan menurunkan berat badan penderita hipertensi, diabetes, dan obesitas. Menurutkan berat badan dan rendah garam itu adalah cara yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Kunci dari ketogenic diet adalah harus menghindari karbohidrat. Harus serendah mungkin.

"Terutama karbohidrat olahan, seperti gula, tepung - tepungan, jus buah yang diblender. Kalau mau buka puasa, dan abis makan tahan lapar jangan buka puasa dengan nasi, mie, kentang, dan makanan yang banyak mengandung tepung, talas, hindari itu semua. Prinsip dietnya adalah usahakan tinggi protein dan lemak yang baik," tambahnya.

Asupan protein yang baik selain dari hewan, adalah dari kacang dan jamur. Anda bisa konsumsi kacang kedelai, atau kacang - kacangan lainnya.

"Kemudian ada juga alpukat, ikan, kacang - kacang dengan lemak yang baik. Dengan mengikuti Ketogenic diet selama dua minggu bisa turun 3-5 kg," ujarnya.(tka)
#Ketagonic #Diet #rendah #lemak #tinggi #protein
BERITA TERKAIT
Kontroversi Salat Hari Raya, Masjid atau Lapangan?
Ramadan, Ari Irham Ini Berbagi Kepada Sesama
Setiap Hari Ratusan Pemudik Batalkan Tiket KA
Stasiun Senen Berangkatkan 27.666 Pemudik
Arus Mudik 2017, Sudah Terjadi 598 Kecelakaan
Harga Daging Sapi Segar Jadi Rp140/Kg di Tebet
Jalur Nagreg Padat, Diimbau Lewat Jalur Alternatif

ke atas