NASIONAL

Minggu, 18 Juni 2017 | 16:09 WIB

Pesan Keluarga Hasyim Muzadi untuk Nasdem

Pesan Keluarga Hasyim Muzadi untuk Nasdem
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Pengurus DPP dan DPW Partai Nasdem Jawa Timur melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Hikam Kabupaten Malang, Jawa Timur asuhan almarhum KH. Hasyim Muzadi.

Kunjungan ini dipimpin oleh Efffendy Choirie didampingi oleh Bupati Malang Rendra Kresna yang juga sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur. Mereka disambut langsung oleh istri almarhum KH. Hasyim Muzasi, Muthamimah.

Utusan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Effendy Choirie mengatakan perjuangan Hasyim Muzadi untuk Nahdlatul Ulama dan Indonesia sudah menjadi inspirasi menjaga NKRI dari ancaman radikalisme.

"Sosok almarhum yang humoris, namun dalam setiap joke-nya tersimpan pemikiran yang mendalam. Bahkan, beliau pernah memberikan penjelasan soal restorasi dan pemaparannya justru lebih paham daripada orang Nasdem sendiri," katanya, Minggu (18/6/2017).

Muthamimah merasa terharu dengan kunjungan pengurus Partai Nasdem, karena silaturahmi tetap dijaga meskipun suaminya yang mantan Ketua Umum PBNU sudah meninggal dunia.


"Atas nama keluarga maupun pondok saya mengucapkan terima kasih, meski abah sudah tidak ada, Nasdem tetap silaturahmi," kata Muthamimah.

Menurut dia, pesan yang disampaikan oleh almarhum yaitu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Diharapkan, pengurus Partai Nasdem dapat meneruskan perjuangan almarhum menjaga NKRI tak pernah berhenti.

"Sosok Hasyim Muzadi dikenal sebagai ulama yang sering membawa nafas nasionalis dan pluralis," ujarnya.

Ia mengatakan Hasyim Muzadi sama seperti mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, yakni selalu membawa nafas anti radikalisme dan mengedepankan kerukunan antarumat beragama melalu nafas pluralisme.

Sedangkan Rendra Kresna menilai sosok Hasyim Muzadi sebagai tokoh nasional tidak hanya NU tapi semua kalangan, pesan almarhum untuk menjaga NKRI akan selalu menjadi semangat Partai Nasdem yang memiliki tekad perjuangan sama.

"Kita tahu beliau beri pencerahan, nasihat banyak terima hal positif terutama nasihat menjaga NKRI," kata Kresna.[ris]
#hasyimmuzadi
BERITA TERKAIT
Airlangga Undang Jokowi Hadiri Munaslub Golkar
Jika Berpura-pura, Novanto Terancam Hukuman Berat
Permintaan Airlangga Mundur Dinilai Politis
Banyak Kader Golkar yang Siap jadi Ketua DPR
Tahun Depan Golkar Tentukan Ketua DPR
Aziz Punya Kapasitas jadi Ketua DPR, Tapi..
Tahun 2018, Korlantas Polri akan Perbaiki Kinerja

ke atas