NASIONAL

Senin, 19 Juni 2017 | 00:06 WIB

Masyarakat Diminta Waspadai Es Legen Palsu

Masyarakat Diminta Waspadai Es Legen Palsu
(Foto: Beritajatim)
INILAHCOM, Surabaya - Ternyata penjual es legen (buah Siwalan) patut kita waspadai. Sebab, ada penjual minuman khas Tuban ini mengolah bahan makanan seperti gula, sitroenzeur garam asam, sodium cyclamate dan cuka.

Parahnya lagi, air yang digunakan pedagang legen yang ada di Jalan Raya Undaan ini tidak dimasak dulu, melainkan langsung menggunakan air PDAM.

"Agar mendapatkan warna persis seperti legen, oplosan tadi diberi susu cair," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga, Minggu (18/6/2017).

Namun untungnya, usaha legen yang sudah banyak pelanggan ini dapat dibongkar oleh Tim Satgas Pangan Polrestabes Surabaya, sekaligus mengamankan Herman (43) dan Ngatmidi (39).


Shinto menjelaskan waktu penangkapan kedua warga Kedung Baruk Surabaya dan warga Sumberagung, Plumpung, Tuban. Menurut dia, petugas juga mengamankan tiga karyawannya yakni Hasim (36), Ikwan (45), asal Plumpung, Tuban dan Yasin (38), asal Jl Maspari Surabaya.

"Meraka memproduksi legen oplosan ini di rumah Yasin," ujar mantan Wakil Kasat Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat itu.

Ia menambahkan bahkan untuk mengelola minuman ini, Herman dan kawan-kawan biasa membuat legen palsu sebanyak 200 liter per harinya. Dan praktik ini diketahui sudah berjalan 20 tahun. "Satu hari omsetnya bisa mencapai Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta. Ada sebanyak 500 pembeli di Jl Undaan Kulon," jelas dia.

Herman juga mengaku kalau ilmu bisa mengelola legen tersebut, didapatkan dari secara turun menurun. Apalagi, bisnis ini tersangka hanya mengeluarkan modal Rp 55 ribu.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 140 juncto Pasal 86 Ayat (1) dan Pasal 90 UU RI Nomor 18 Tahun 2012 terang pangan dan Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf A nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 378 KUHP.[beritajatim.com]
#PolrestabesSurabaya
BERITA TERKAIT
Airlangga Undang Jokowi Hadiri Munaslub Golkar
Jika Berpura-pura, Novanto Terancam Hukuman Berat
Permintaan Airlangga Mundur Dinilai Politis
Banyak Kader Golkar yang Siap jadi Ketua DPR
Tahun Depan Golkar Tentukan Ketua DPR
Aziz Punya Kapasitas jadi Ketua DPR, Tapi..
Tahun 2018, Korlantas Polri akan Perbaiki Kinerja

ke atas