NASIONAL

Senin, 19 Juni 2017 | 02:03 WIB

Pemerintah Harus Pantau Terus Informasi Arus Mudik

Ahmad Farhan Faris
Pemerintah Harus Pantau Terus Informasi Arus Mudik
Anggota Komisi V DPR, Moh Nizar Zahro (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi V DPR, Moh Nizar Zahro menyarankan kepada pemerintah untuk terus melakukan pantauan selama arus mudik Lebaran 2017 berlangsung. Menurut dia, hal ini untuk mencegah dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

"Pemerintah untuk terus memantau jalannya mudik, para aparat harus berjaga-jaga di titik yang dibutuhkan, jangan sampai kasus Tol Brexit tahun lalu terulang kembali," kata Nizar di Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu menjelaskan berdasarkan data bahwa jumlah pemudik tahun ini mencapai 19 juta orang, tentu ini meningkat hampir 5 persen bila dibandingkan dengan mudik lebaran tahun lalu.

"Mobilitas yang sangat besar ini membutuhkan pengaturan yang komprehensif dengan melibatkan berbagai unsur terkait," ujar Ketua Umum Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) itu.


Menurut dia, pemerintah sejak awal sudah menyatakan telah melakukan persiapan yang matang menyambut arus mudik, diantara yang menonjol adalah dioperasikannya tol fungsional untuk memecah kemacetan di titik-titik yang tahun lalu terjadi kemacetan akut.

"Tentu yang terpenting adalah meminimalisasi terjadinya korban. Belajar dari mudik tahun lalu setidaknya ada korban 12 pemudik meninggal karena terjebak dalam kemacetan parah di Tol Brexit (tol Brebes Timur), dimana saat itu tol tersebut baru pertama kali dioperasikan dengan fasilitas yang terbatas," jelas dia.

Ia mengatakan khusus untuk tol fungsional yang tahun ini dioperasikan harus disediakan fasilitas yang memadai meliputi tempat peristirahatan, pengisian SPBU, rambu-rambu dan aparat yang cukup.

"Kepada para pemudik untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan yang prima, mematuhi rambu-rambu dan arahan aparat. Mari hadirkan mudik yang aman untuk rakyat, semoga selamat sampai tujuan, sehingga bisa bersilaturahmi dan merayakan Lebaran dengan sanak keluarga di kampung halaman," tandasnya.[ris]
#ArusMudik #Lebaran
BERITA TERKAIT
Nasir: Densus Tipikor Berlomba untuk Kebaikan
Pemuda Harus Sadar Sebagai Pemimpin Bangsa
ICW Curiga Dukungan Novanto pada Densus Tipikor
Dua Terduga Simpatisan ISIS di Sumut Diamankan
Polisi Amankan 43 Kg Ganja dari Loket Bus di Jambi
Puan: Ketahanan Keluarga Kunci Cegah Radikalisme
Zulkifli Hasan: Saya Diskusi Dulu dengan Gus Solah

ke atas