DUNIA

Senin, 19 Juni 2017 | 17:00 WIB

Satu Orang Tewas dalam Insiden Penabrakan London

Binar MP
Satu Orang Tewas dalam Insiden Penabrakan London


INILAHCOM, London - Laporan terbaru mengatakan setidaknya satu orang tewas dalam insiden penabrakan sebuah van pada jemaah salat ketika meninggalkan sebuah masjid di London, Senin (19/6/2017).

Organisasi muslim terbesar di Inggris menyebut aksi itu sebagai aksi terangan-terangan islamofobia (kebencian terhadap Islam).



Van ini menabrak kerumunan manusia ketika orang-orang meninggalkan Masjid Taman Finsbury yang merupakan salah satu yang terbesar di Inggris, kata Dewan Muslim Inggris. Serangan itu terjadi di tengah Ramadan manakala muslim usai menjalankan salat tarawih.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menggolongkan serangan itu sebagai serangan berpotensi teroris dan dia menggelar rapat kabinet mendadak hari ini.


Polisi menyatakan seorang pria dinyatakan meninggal dunia di tempat kejadian, sedangkan pengemudi van yang berusia 48 tahun telah ditangkap. Penyerang akan menjalani pemeriksaan kesehatan jiwa, kata polisi.

Dinas Ambulans London mengaku telah mengangkut delapan orang ke rumah sakit, sedangkan dua orang lainnya dirawat di tempat kejadian.

Wali Kota London Sadiq Khan menyatakan polisi ditempatkan dalam jumlah lebih banyak demi menjamin keselamatan warga, terutama mereka yang tengah menjalankan puasa Ramadan.

Dia menyebut serangan itu sebagai serangan terhadap nilai toleransi, kebebasan dan saling menghormati di Inggris.

Pemimpin oposisi Partai Buruh, Jeremy Corbyn, mengaku kaget sekali oleh serangan itu, demikian laporan Reuters.
#teror #London
BERITA TERKAIT
Mobil Tabrak Jamaah Usai Salat Id di Inggris
79 Orang Tewas dalam Kebakaran Apartemen di London
Mobil Van Tabrak 10 Orang di Depan Masjid London
Adele Berkabung untuk Korban Kebakaran London
Korban Tewas Kebakaran Apartemen London Bertambah
(Kebakaran Hebat Apartemen di London) Warga Muslim Gedor Pintu Bangunkan Tetangga
Kebakaran Apartemen London Sudah Tewaskan 12 Orang

ke atas