NASIONAL

Senin, 19 Juni 2017 | 20:25 WIB

Novanto Dukung Pembatalan Full Day School

Ajat M Fajar
Novanto Dukung Pembatalan Full Day School
Ketua DPR Setya Novanto (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)


INILAHCOM, Tegal - Ketua DPR Setya Novanto mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo yang membatalkan kebijakan 'full day school' yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

"DPR memberikan apresiasi atas respon cepat Presiden setelah memperhatikan aspirasi masyarakat, khususnya ormas-ormas Islam yang menolak pemberlakuan full day sechool, karena dapat meresahkan masyarakat," ujar Novanto di sela-sela Safari Ramadhan ke Kabupaten Tegal, Brebes, dan Cirebon, Senin (19/6/2017).



Sebagai penyelenggara negara yang juga warga Nahdiyin, Novanto sangat memahami dampak yang ditimbulkan jika kebijakan tersebut terus dipaksakan. "Karena kebijakan itu akan mematikan Madrasah Diniyah atau sekolah sejenis yang masuk siang sampai sore hari, yang jumlahnya puluhan ribu," katanya.


Novanto menilai Pemerintah harus bisa memahami kondisi di lapangan soal motode pendidikan yang ada di Indonesia.

"Kita perlu menghargai kekhususan pendidikan yang diselenggarakan masyarakat, khususnya di kalangan masyarakat nahdiyin. Sebagaimana diketahui, Madrasah Diniyah telah berlangsung puluhan bahkan ratusan tahun serta telah memberikan konstribusi dalam pembentukan karakter bangsa, mengutamakan akhlak mulia dan cinta tanah air," ungkapnya.

Untuk itu, Novanto mengimbau kepada Pemerintah untuk melakukan pengkajian terlebih dahulu jika ingin mengeluarkan sebuah kebijakan.

"Ke depan, setiap kebijakan yang akan diambil pemerintah perlu dilakukan kajian yang komprehensif dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama serta kaum profesional. Sehingga kebijakan tersebut punya landasan sosiologis yang kuat dan tidak mudah untuk digugat oleh masyarakat," papar Novanto.[jat]
#setyanovanto #partaigolkar
BERITA TERKAIT
Nama Novanto Hilang, Sinyal Pelemahan KPK
Tujuh Saksi Diperiksa untuk Novanto
Anggota DPR Taruhan Uang untuk Nasib Novanto?
GMPG Lapor Pertemuan Novanto dan Ketua MA ke KY
Elza Sebut Novanto Cs Intimidasi Miryam
Kasus Novanto Diminta Tidak Diskriminatif
Fahri Sebut Novanto Sakit Gara-gara Ditahan OSO

ke atas