NASIONAL

Senin, 19 Juni 2017 | 20:43 WIB

Satgas Saber Pungli Sita Uang Rp13,5 M

agus irawan
Satgas Saber Pungli Sita Uang Rp13,5 M
Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Komjen Dwi Priyatno (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Komjen Dwi Priyatno mengatakan sejak dibentuk pada Oktober 2016 lalu saber pungli telah melakukan 856 operasi tangkap tangan (OTT) .

"Ada yang dengan proses penyidikan, penyelidikan, serta P21 berkas perkara dilimpahkan ke pengadilan, ada yang penuntutan ataupun yang telah di vonis," kata Dwi, Senin (19/6/2017) .



Menurut dia, dari OTT tersebut tim satgas saber pungli telah menyita uang sekitar Rp13,5 miliar.


Bahkan pihaknya telah mengungkap pungli oleh Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Samudera Sejahtera (Komura) di Kalimantan Timur. Sementara ini kasusnya ditangani Bareskrim Polri.

"Jadi kami sudah block kurang lebih Rp326 miliar dan akan menjadi barang bukti dan akan dikembangkan menjadi kasus tindak pidana pencucian uang," ujarnya.

Selain OTT, tim Saber Pungli juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan berbagai macam cara, seperti melalui media elektronik, sosialisasi tersebut akan diintensifkan usai lebaran tahun ini.

"Jadi tim Saber Pungli akan ke daerah-daerah monitoring dan supervisi daerah-daerah yang mungkin harus dilaksanakan supervisi," ucapnya. [ton]
BERITA TERKAIT
Calhaj Asal Tanjungpinang Batal Berangkat
Bacagub Sultra Ini Berharap Didukung PAN-Demokrat
10 Tas Isi Duit Disita KPK dari OTT Kemenhub
Mobil Patroli Polisi Tabrak Truk
OTT KPK, Kemenhub Segera Kirim Surat ke Jokowi
Pemberi Suap Anak Buah Budi Karya Digiring ke KPK
Dimas Kanjeng Divonis 2 Tahun Penjara

ke atas