NASIONAL

Senin, 19 Juni 2017 | 21:43 WIB

Tim Saber Pungli Harap Publik Lawan Pungli

Agus Irawan
Tim Saber Pungli Harap Publik Lawan Pungli
Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Komjen Dwi Priyatno (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Komjen Dwi Priyatno mengatakan masyarakat harus berani menolak pungutan liar (pungli). Pasalnya saat Lebaran marak pungli, mulai dari tempat pariwisata dan jalur mudik.

"Artinya di situ ada unsur paksaan yang tadinya hanya Rp 100 ribu menjadi Rp 150 ribu. Terus yang tidak ada pungutan tiba-tiba ada pungutan , maka itu harus ditolak, kalau bahasan hukum adalah pemerasan atau penyuapan," kata Dwi, Senin (19/6/2017) .



Dwi mengaku antisipasi pungli tersebut pihaknya telah menugaskan kepada petugas yang berada di daerah untuk ikut serta melawan pungli.


Menurutnya ada beberapa pelayanan yang rawan pungutan liar di saat menjelang lebaran saat ini.

"Jadi ada beberapa laporan yang kami terima, baik parkir, tiket, perizinan, ada juga pungutan sekolah yang di luar ketentuan dan lainnya ," jelasnya .

Dia menambahkan apabila masyarakat berani melawan pungli , maka akan bisa membantu dalam rangka membangun pemerintahan yang bersih. Karena banyak kasus tangkap tangan merupakan laporan dari masyarakat .

"Jadi ada laporan OTT itu dari masyarakat an kita dalami, maka masyarakat harus berani menjadi saksi untuk membantu OTT," tandasnya. [ton]
#SaberPungli
BERITA TERKAIT
Calhaj Asal Tanjungpinang Batal Berangkat
Bacagub Sultra Ini Berharap Didukung PAN-Demokrat
10 Tas Isi Duit Disita KPK dari OTT Kemenhub
Mobil Patroli Polisi Tabrak Truk
OTT KPK, Kemenhub Segera Kirim Surat ke Jokowi
Pemberi Suap Anak Buah Budi Karya Digiring ke KPK
Dimas Kanjeng Divonis 2 Tahun Penjara

ke atas