RAMADHAN

Selasa, 20 Juni 2017 | 15:00 WIB

Zakat Online Memudahkan Masyarakat

Mia Umi Kartikawati
Zakat Online Memudahkan Masyarakat #Kurma
(Foto: istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Perkembangan jaman saat ini memudahkan masyarakat untuk melakukan apapun. Mulai dari berbelanja hingga membayar zakat.

Tren pembayaran zakat saat ini bergeser lewat online. Fasilitas ini dilakukan demi memudahkan masyarakat yang ingin berbagi atau berdonasi. Hal tersebut terlihat dari kebiasaan yang biasanya memilih membayar zakat dengan bertatap muka, kini menjadi mayoritas inhin lebih membayar zakat secara online.

Pada 2016, sekitar 75 persen dari Rp. 230 milyiar zakar yang berhasil dihimpun oleh Rumah Zakat didapat dari donasi dan zakat online.


"Lewat berbagi senyum, ini adalah program Ramadhan yang setiap tahun kami lakukan. Tahun ini kami bekerjasama dengan tujuh badan amal. Kemudian juga ada untuk program qurban," kata Bayu S Tjahjono, GM Brand & Strategy Elevenia saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (19/06/2017).

Masih menurutnya, perkembangan zakat online ini terlihat kalau terdapat peningkatan empat kali lipat dari biasanya. Pada tahun ini, donatur yang ingin berzakat bisa memilih jenis sumbangan yang akan diberikan. Mulai dari Syiar Al-Qur'an, bingkisan lebaran. kado lebaran bagi anak yatim, hingga paket buka puasa untuk anak yatim.

Tingkat donasi beragam. Mulai dari Rp. 25 ribu hingga Rp. 360 ribu.(tka)
#Zakat #online #mudahkan #masyarakat

ke atas