RAMADHAN

Jumat, 23 Juni 2017 | 15:45 WIB

Tips Mudik Aman dan Lancar Menggunakan Motor

Mia Umi Kartikawati
Tips Mudik Aman dan Lancar Menggunakan Motor #Kurma
(Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Pulang kampung atau mudik menjadi salah satu hal yang ditunggu - tunggu saat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Namun, Anda harus mengutamakan keselamatan dalam berkendaraan saat mudik.

Mengutip dari siaran pers yang diterima dari blibli, Jumat (23/06/2017), ada beberapa tips mudik aman dan lancar dengan menggunakan motor. Ya, tidak sedikit masyarakat yang pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan motor roda dua. Hal ini lebih aman jika Anda memperhatikan beberapa tips berikut.

1. Persiapkan Makanan dan Minuman

Perjalanan panjang harus sedia bekal yang cukup. Jika kamu berpuasa, konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka agar stamina senantiasa terjaga

2. Jacket

Sudah menjadi kelengkapan wajib buat Anda yang mudik menggunakan sepeda motor. Pilihlah jaket yang mampu melindungi tubuh dari semua kondisi udara seperti panas, dingin, dan hujan.

3. Rompi Pelindung Dada

Perlindungan ganda saat mudik sudah pasti dibutuhkan. Gunakan rompi pelindung untuk menahan angin dan udara yang masuk.

4. Jas Hujan

Siapa yangbisa menebak kondisi cuaca saat ini? Terlebih saat musim mudik. Intiya, harus sedia jas hujan sebelum turun hujan.

5. Obat - obatan


Sedia obat - obatan selama perjalanan mudik secukupnya mulai dari koyo, minyak angin, kotak P3K, obat anti mabuk darat, dan obat demam atau flu.

6. Masker

Lindungi paru - paru dan saluran pernafasan Anda dari debu serta asap kendaraan. Pilih masker yang tepat dengan perlindungan ekstra untuk wajah dan leher.

7. Helm

Gunakan helm. Ini sangat penting dan wajib bagi Anda pengendara moto. Gunakan motor berlogo SNI serta selalu kaitkan tali pengait hingga berbunyi klik.

8. Sarung Tangan

Pegang setar motor agar tetap nyaman tanpa keringat, kulit tidak belang, dan tetap terawat.

9. Sepatu dan Kaos Kaki

Perjalanan jauh harus seaman mungkin dan sepatu menjadi salah satu prioritas. Gunakan sepatu yang tahan air dan tentunya yang aman untuk kaki Anda.

10. Perkakas Multifungsi

Walaupun Anda sudah service motor, membawa perkakas multifungsi guna keperluan berjaga - jaga adalah sangat penting saat perjalanan mudik.(tka)
#mudik #aman #gunakan #motor

ke atas