EKONOMI

Selasa, 04 Juli 2017 | 04:29 WIB

Meski Meleset, Darmin Gembira dengan Inflasi Juni

uji medianti
Meski Meleset, Darmin Gembira dengan Inflasi Juni
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, laju inflasi Juni 2017 sebesar 0,69% sedikit di atas perkiraan. Tentu saja ini kabar baik.

"Memang agak tinggi, artinya 0,69 persen, agak di atas harapan," kata Darmin kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/7/2017).



Menurut Darmin, pengendalian harga bahan makanan relatif berhasil dalam periode ini. Meski, laju inflasi masih sedikit lebih tinggi ketimbang proyeksi. "Kalau dilihat dari year to date masih oke, dan year on year masih oke. Kita masih mengharapkan inflasi dari pangan tidak terlalu tinggi," ujar Darmin.

Darmin menambahkan, tingkat inflasi pada periode Lebaran ini masih lebih baik dari inflasi dalam periode sama tahun-tahun sebelumnya.


Darmin menyakini, upaya stabilisasi harga pangan yang dilakukan pemerintah hingga akhir tahun, mampu menjaga laju inflasi bertahan di kisaran 4%.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi nasional pada Juni 2017 sebesar 0,69%. Memang cukup tinggi lantaran dipicu kenaikan tarif listrik, tarif angkutan udara dan tarif angkutan antarkota.

Dengan tingkat inflasi pada Juni 2017 sebesar 0,69%, maka laju inflasi tahun kalender Januari-Juni 2017 mencapai 2,38% dan inflasi dari tahun ke tahun (yoy) tercatat 4,37%.

Seluruh kelompok pengeluaran mengalami inflasi dalam periode ini di antaranya kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1,27% diikuti kelompok sandang sebesar 0,78%.

Selain itu, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar ikut menyumbang inflasi 0,75%, kelompok bahan makanan sebesar 0,69% dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,39%. [ipe]
#menkodarmin #inflasi #bps
BERITA TERKAIT
Ekspor Minyak Nabati Sumut Capai US$2,126 Miliar
Darmin Siapkan Gerai UMKM Gratis di Rest Area
Ternyata, Indonesia Surganya Buah Asal Thailand
Agustus 2017 Ekspor Sumbar Naik 70,92%
Darmin Ramal Tren Positif Neraca Dagang Berlanjut
BI Yakin Daya Beli Masyarakat Mulai Pulih
Agustus BPS Catat Surplus Neraca Dagang US$1,72 M

ke atas