PASAR MODAL

Rabu, 12 Juli 2017 | 16:03 WIB

BEI Harapkan Bila Reshuffle Ekonomi Tetap Stabil

Monica Wareza
BEI Harapkan Bila Reshuffle Ekonomi Tetap Stabil
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Samsul Hidayat berharap isu politik dalam negeri seperti isu reshuffle tidak memengaruhi kondisi ekonomi.

"Kan yang penting, kalau kita pakai bahasanya Pak Presiden kemarin. Yang penting terpisah, antara isu politik dan isu ekonomi," kata Samsul di Gedung BEI, Rabu (12/7/2017).

"Bila memang benar akan terjadi reshuffle maka harus ada penyesuaian dan perubahan kinerja yang diberikan oleh para menteri yang terpilih tersebut. Terutama dalam menjaga gejolak ekonomi hingga politik yang biasanya terjadi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu)."

Untuk itu Samsul mengharapkan bahwa siapa pun yang nantinya akan mengisi posisi tersebut sudah berada dalam kondisi sangat siap untuk menghadapinya. Selain itu, pejabat baru pengisi istana itu juga harus menyiapkan strategi baru yang dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan bidangnya masing-masing.


"Mungkin tidak terlalu banyak hal yang bisa dilakukan juga. At least misalnya yang baru terpilih atau diangkat, dia bisa meletakkan dasar-dasar yang baik atau penyesuain lagi dengan melihat kacamata orang baru," tambah Samsul.

Saat ini, terdapat sejumlah nama-nama yang dikabarkan akan terkena gelombang reshuffle ini, seperti Rudiantara. Posisi Menteri Komunikasi dan Informatika ini dikabarkan akan digantikan oleh Pramono Anung. Posisi Sekretaris Kabinet akan diisi oleh politisi PDI-P, Aria Bima.

Menteri BUMN, Rini Soemarno juga akan digantikan oleh Iganisus Jonan. Sedangkan untuk posisi Jonan dikabarkan digantikan oleh Archandra Thahar yang kini menjabat Wakil Menteri ESDM.

Disebut-sebut nama ekonom senior, Rizal Ramli bakal digaet untuk memperkuat kembali kabinet yang sebelumnya ditendang dan digantikan Luhut Binsar Pandjaitan. [hid]
#isureshuffle #ihsg
BERITA TERKAIT
Ini Proyek Awal China-Kazakhstan
Niat SoftBank Miliki Uber Terhalang Ini
Ini Alasan Wall Street akan Bergerak Terbatas
Sentimen Bisnis Jerman Tembus Rekor Tertinggi
Smartphone Paling Laris Saat Thanksgiving Day
Bursa Eropa Coba Bertahan di Area Positif
IHSG Berlabuh Positif 3,89 Poin ke 6.067

ke atas