GAYA HIDUP

Kamis, 13 Juli 2017 | 17:15 WIB

Ini Cara Memasak Sayur yang Baik

Mia Umi Kartikawati
Ini Cara Memasak Sayur yang Baik
(Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Konsumsi sayur sangat baik untuk tubuh. Sayur mengandung vitamin dan gizi yang banyak.

Menurut dr. Fiastusi Witjaksono MSc, MS, Sp.GK, Dokter spesialis Gizi Klinis, sayur mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat. Sayangnya, vitamin itu mudah rusak oleh panas dan udara saat proses memasak.



"Jadi agar tidak mudah layu dan rusak. Jaman dahulu sayur disimpan di dalam kamar mandi. Kalau kita masak sebentar, masak sayur itu tidak boleh berubah warnanya. Tujuannya adalah untuk menjaga vitamin," papar dr. Fiastusi Witjaksono MSc, MS, Sp.GK, Dokter spesialis Gizi Klinis, saat ditemui di RPTRA Teratai, Jakarta, Kamis (13/07/2017).


Setiap orang tentu membutuhkan asupan sayur dan buah setiap hari. Namun, ternyata menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, menyatakan sebanyak 93,5 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur.

Fakta lainnya adalah dari Departemen Pertanian pada tahun 2013, menunjukkan konsumsi sayur penduduk Indonesia hanya sebanyak 40,35 kg/kapita/tahun. Kemudian konsumsi buah sekitar 34,55 kg/kapita/tahun.

Angka ini sangat rendah jika dibandingkan dengan anjuran food and agriculture organitation yaitu konsumsi sayuran idealnya 91,25 kg/kapita/tahun dan buah 73 kg/kapita/tahun.(tka)
#masak #sayur #baik #konsumsi
BERITA TERKAIT
(Waspada) Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin
Diet yang Baik Hasilkan Jantung Sehat
Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran?
Konsumsi Salak Ternyata Tidak Membuat Sembelit
Ini Panduan Konsumsi Buah dan Sayur yang Baik
Ini Sebab Kurang Konsumsi Buah dan Sayur
Jangan Biarkan Anak Asik Bermain Gadget

ke atas