MOZAIK

Jumat, 14 Juli 2017 | 00:02 WIB

Keterkaitan Anak dan Orang Tua

KH Ahmad Imam Mawardi
Keterkaitan Anak dan Orang Tua
(Foto: Istimewa)


SALAH satu alasan mengapa kita harus menjadi orang tua yang baik adalah karena kita bertanggung jawab atas baiknya kehidupan anak kita kelak. Memiliki banyak anak bukanlah sebuah prestasi, sebagaimana tak memiliki anak bukanlah sebuah aib. Memiliki anak yang baik atau ikut membantu generasi masa depan dengan baik itulah yang menjadi prestasi.

Sudah sering saya jelaskan bahwa masa depan anak sangat ditentukan oleh karakter, sikap dan perbuatan orang tuanya. Kali ini saya ingin sekali menukil sebuah ungkapan sastra Arab yang berkaitan dengan hal ini Anak kecil itu tumbuh atas dasar apa yang ada pada orang tuanya# Sesungguhnya akar, di atasnyalah pohon itu tumbuh berkembang.




Orang tua yang tidak pandai menata diri bukanlah orang tua yang baik. Orang tua yang tak peduli pada karakter diri dan karakter anak adalah orang tua yang tak berkarakter baik. Orang tua yang hanya fokus pada urusan perut adalah orang tua yang salah jalan yang perlu diingatkan dan dibimbing.

Sungguh orang tua punya peran penting dalam mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik. Kalau begitu, kita semua dan pemerintah kita sungguh perlu membangun dan mengembangkan sekolah khusus orang tua. Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya sedang menggodok materi wajib untuk para orang tua. Mau ngaji? Yuk. Salam, AIM. [*]
#pencerahhati #pencerah hati #ahmad imam mawardi
BERITA TERKAIT
Ummi, Semoga Damai di Sisi-Nya Bersama Abah
Anda Tahu Hakikatnya, Apa Tafsirannya?
Semua Ditentukan Allah
Perjuangan Mengubah Mindset Tentang Bahagia
Mengapa Tak Kunjung Bahagia
Asal Usul Istri Berdiri di Sebelah Kiri Suami
Bolehkah Wali Nikah Beda Agama?

ke atas