GAYA HIDUP

Jumat, 14 Juli 2017 | 12:30 WIB

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kolesterol dan Batuk

Mia Umi Kartikawati
Khasiat Jeruk Nipis untuk Kolesterol dan Batuk
(Foto: istimewa)


INILAHCOM,Jakarta - Banyak manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis untuk kesehatan. Salah satunya adalah bisa menghindari kolesterol pada tubuh.

Menurut dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular saat ditemui di RPTRA Teratai Tebet, Jakarta, Kamis (13/07/2017), air perasan jeruk bisa ditambahkan pada makanan kuah bersantan. Hal ini dapat menghindari kolesterol dan juga dapat mengurangi berat badan.




"Ternyata, anggapan yang beredar di masyarakat tentang hal itu sangat benar. Air asam dari jeruk nipis terbukti dapat memecah lemak dan mudah dilarutkan oleh air saat berada dalam pencernaan kita," kata dr. Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Masih menurutnya, lemak akan lebih cepat terbakar jika dibarengi dengan pola makan sehat serta olahraga teratur. Kemudian, konsumsi air perasan jeruk ketika ditambahkan kecap bisa menyembuhkan batuk. Hal ini ternyata benar.

"Sifat jeruk nipis sangat asam, makanya dapat mematikan bakteri penyebab batuk. Sedangkan kecap sebenarnya enggak berfungsi apa - apa, hanya sebagai penyeimbang rasa bagi kita yang enggak suka terlalu asam," tambahnya.(tka)
#kolesterol #batuk #air #jeruk #nipis
BERITA TERKAIT
Ini Cara Dukung Ibu Bekerja untuk Beri ASI
Jangan Biarkan Anak Asik Bermain Gadget
Segera Lapor Jika Melihat Korban Bullying
Seto Mulyadi: Harusnya Ada Gerakan Anti Bullying
Pengaruh Gadget Pada Anak
(Relief Borobudur Hadir Dalam Bentuk Tatanan Rambut) Mahakarya Borobudur: Hairstyle & Fashion 30-9-2017
Orangtua Jangan Lengah dari Kasus Gizi Buruk Anak

ke atas