MOZAIK

Minggu, 16 Juli 2017 | 07:00 WIB

Tanda-tanda Orang Berakal Menurut Alquran

Tanda-tanda Orang Berakal Menurut Alquran
(Foto: Ilustrasi)
AKAL adalah modal termahal yang dimiliki manusia. Dengan akal manusia terbedakan dari binatang. Namun tidak semua manusia menggunakan modal ini dengan baik. Kira-kira apa tanda-tanda orang yang berakal menurut Alquran?

Alquran menyebutkan beberapa tanda orang-orang berakal. Kata Ulul Albab (orang-orang berakal) disebut sebanyak 16 kali didalamnya. Kata Albab adalah bentuk jamak dari kata Lub. Secara bahasa, Lub adalah inti dari segala sesuatu. Seperti inti dari buah juga disebut Lub. Hal ini menunjukkan bahwa inti dari manusia adalah akalnya.

Begitu banyak tanda orang yang berakal, namun kali ini kita akan mengambil satu tanda yang akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang langka. Allah berfirman,

(yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat. (QS.Az-Zumar 18).

Menurut ayat ini, orang berakal adalah mereka yang mau mendengar semua ucapan dan tidak alergi dengan pendapat lain yang tidak sejalan dengan pemikirannya. Kemudian ia tidak gengsi untuk memilah dan memilih yang terbaik di antara semua pendapat itu.


Akhir-akhir ini banyak orang yang merasa cukup dengan pengetahuan yang ia miliki. Ketika ada pendapat yang berbeda, ia langsung berteriak Tidak !Itu salah, itu bohong, itu sesat!

Mereka pun menutup matanya dari buku-buku berbeda dengan pemikirannya. Taklid buta menjadi pegangan hidupnya. Seakan ia telah memiliki semua ilmu dan tak membutuhkan yang lain.

Sementara Alquran dengan jelas menyebutkan bahwa orang berakal adalah mereka yang mau menampung semua pendapat lalu memilih yang terbaik. Lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya..

Karena itu, hendaklah kita melatih diri untuk mendengar semua pendapat. Baca semua buku untuk mendapatkan segala informasi. Kemudian jangan ragu untuk memilih yang terbaik diantaranya. Semoga kita termasuk orang-orang yang berakal.[]

#akal #orangberakal
BERITA TERKAIT
Manusia Berakal Sangat Perhatikan Kebaikan
Tertawa Bahagia Bersama Jamaah Tertua
(Syair) KH A Mustofa Bisri: Cinta Ibu
3 Cara agar Tak Turuti Hawa Nafsu
Jauhi 6 Sebab Menuruti Hawa Nafsu
Kejujuran Saat Lamaran Kunci Harmonis Rumah Tangga
Yang Dilarang Bukan Syahwat Tapi yang Menurutinya

ke atas