MOZAIK

Minggu, 16 Juli 2017 | 13:00 WIB

Dua Ayat Ini Sangat Berharga Bagi Manusia

Dua Ayat Ini Sangat Berharga Bagi Manusia
(Foto: Ilustrasi)
DIRIWAYATKAN oleh Zaid bin Aslam, seseorang datang kepada Rasulullah saw dan berkata, Ajari aku apa yang telah diajarkan Allah kepadamu.

Kemudian Rasulullah menyuruh seorang sahabat untuk mengajarinya. Maka ia pun mengajarkan Alquran kepada orang itu hingga sampai pada Surat Al-Zalzalah.

Hingga sampailah pada ayat ke 7 dan 8,


Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (Al-Zalzalah 7-8)

Setelah mendengar ayat ini, spontan seorang yang belajar itu berkata, Ini cukup bagiku.

Sahabat yang mendapat tugas untuk mengajari orang ini merasa bingung karena masih banyak ayat yang belum ia ajarkan. Lalu ia pun melapor kepada Rasulullah saw. Dan beliau menjawab, Tinggalkan ia, sungguh ia telah mengerti. Dalam kesempatan lain Rasulullah menyebut ayat ini sebagai Al-Jamiah (ayat yang mencakup keseluruhan).

Dan pada kenyataannya, jika kita merenungkan kandungan dari ayat ini dan menjadikannya pegangan dalam hidup, maka hal itu sudah cukup untuk menjadi pendorong dalam kebaikan dan penahan diri dari keburukan dan penyimpangan. Karena seluruh manusia akan mendapat balasan atas semua yang pernah mereka lakukan.[Khazanahalquran]
#ayat-ayat #kebaikan #keburukan
BERITA TERKAIT
Tertawa Bahagia Bersama Jamaah Tertua
(Syair) KH A Mustofa Bisri: Cinta Ibu
3 Cara agar Tak Turuti Hawa Nafsu
Jauhi 6 Sebab Menuruti Hawa Nafsu
Kejujuran Saat Lamaran Kunci Harmonis Rumah Tangga
Yang Dilarang Bukan Syahwat Tapi yang Menurutinya
Nonton Film Porno Harus Mandi Wajib

ke atas