MOZAIK

Senin, 17 Juli 2017 | 15:00 WIB

Awas! Jangan Remehkan Sesuatu yang Kecil

Awas! Jangan Remehkan Sesuatu yang Kecil
(Foto: Ilustrasi)


BANYAK manusia yang cenderung meremehkan sesuatu yang terlihat kecil di matanya. Padahal dunia ini penuh dengan rahasia yang tak mampu kita ketahui hakikat aslinya.

Terkadang kita cenderung meremehkan orang lain dari penampilannya. Kita juga sering meremehkan amal baik karena terlihat tak ada artinya, bahkan maksiat pun seakan hal yang wajar saja. Ah tenang saja, ini cuma dosa kecil.



Berbeda dengan pandangan Khalifah Ali bin Abi Thalib, yang disebut Nabi SAW sebagai pintu kota ilmu. Beliau memiliki pandangan yang jauh dan tak pernah meremehkan hal sekecil apapun. Beliau pernah berpesan, Sesungguhnya Allah swt menyembunyikan empat hal dalam empat hal lainnya,

1. Dia Menyembunyikan Keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Maka jangan pernah kau remehkan ketaatan sekecil apapun, karena bisa saja disitulah letak Keridhoan-Nya.


2. Dia Menyembunyikan Kemarahan-Nya dalam kemaksiatan kepada-Nya. Maka jangan pernah kau remehkan maksiat sekecil apapun, karena bisa saja disitulah letak Kemarahan-Nya.

3. Dia Menyembunyikan mana doa yang dikabulkan dalam doa-doa (seorang hamba). Maka jangan pernah kau remehkan doa apapun, karena bisa saja di situlah letak terkabulnya.

4. Dia Menyembunyikan wali-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Maka jangan kau remehkan siapa pun, bisa saja dia adalah wali Allah swt.

Sadari bahwa pengetahuan kita begitu kecil dibanding rahasia Allah yang amat besar. Jangan pernah remehkan sesuatu apapun, karena mungkin dibaliknya ada kemuliaan yang besar. Semoga kita termasuk orang-orang yang berakal dan mampu mengambil pelajaran.

Dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar. (QS.An-Nur:15). []
#dosa #dosabesar #dosakecil
BERITA TERKAIT
Awas! Pemilik Sikap Tabdzir adalah Teman Setan
Jangan Isrof dan Tabdzir! Apa Maknanya?
Berbeda! Pakaian Takwa dan Pakaian Penutup Aurat
Rezeki Terhambat karena Tak Amanah
Rezeki Terhambat karena Sedikit Salat
Waspada terhadap Empat Hal Penghambat Rezeki
Kisah Pilu Wanita Taat Ibadah tapi Tak Berhijab

ke atas